Salin Artikel

Pelayaran Internasional Dibuka, Permohonan Paspor di Imigrasi Karimun Menggeliat

BATAM, KOMPAS.com – Pengurusan paspor di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) kembali menggeliat. Seperti terlihat di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun.

Di sana, jumlah warga yang datang mengurus paspor terus meningkat. Ini terjadi sejak Maret 2022, menyusul kebijakan Indonesia, Malaysia, dan Singapura membuka perbatasannya untuk melayani pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

"Permohonan pembuatan dan perpanjangan paspor mengalami peningkatan sejak Maret 2022," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, Lutfi melalui telepon, Jumat (22/4/2022).

Lutfi mengatakan, peningkatan jumlah permohonan pembuatan paspor tersebut bahkan sangat signifikan dibanding dua tahun lalu.

"(Sebelumnya) hanya sekitar 10 orang per harinya yang mengajukan permohonan pembuatan dan perpanjangan paspor. Tahun ini tepatnya di bulan Maret 2022 justru kembali meningkat hingga mencapai 30-40 orang perharinya," beber Lutfi.

Lutfi menjelaskan, sejak Maret 2022, masyarakat mendapat informasi pelayaran internasional dibuka April 2022. Karena itu, sejak Maret, permohonan pembuatan paspor meningkat hingga sekarang.

Diketahui, pemerintah pusat mengizinkan sejumlah pelabuhan internasional di Kepulauan Riau (Kepri) kembali melayani PPLN tujuan Malaysia dan Singapura per 1 April 2022 lalu.

Sementara untuk pembuatan paspor, masyarakat kini bisa dengan mudah untuk mengajukan permohonannya melalui Aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor).

Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa mengajukan permohonan pembuatan atau perpanjangan paspor secara online.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/22/084219778/pelayaran-internasional-dibuka-permohonan-paspor-di-imigrasi-karimun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke