Salin Artikel

Pengusaha Rental Banjir Pesanan, Mobil Habis Disewa sejak Sebelum Ramadhan

Owner Nanda Rentcar Semarang, Samosir mengatakan, mobil rentalnya sudah habis di-booking beberapa hari yang lalu. Kebanyakan pelanggan sudah booking empat hari yang lalu.

"Aku ada 20 mobil dan sudah di-booking habis untuk lebaran," jelasnya kepada KOMPAS.com, Kamis (21/4/2022).

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pelanggan yang sewa mobil di rentalnya meningkat tiga kali lipat. Kebanyakan, pelanggan lebih memilih mobil Avanza, Xenia dan Innova Reborn. "Memang lebih banyak tahun ini," imbuhnya.

Kebanyakan, pelanggan yang booking mobil di rental miliknya lebih dari sejak sebelum bulan Ramadhan. Untuk biaya sewa juga mengalami kenaikan dibandingkan dengan hari biasa.

"Sekarang Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta. Awalnya dalam satu hari biaya sewa mulai Rp 250 ribu. Sekarang naik Rp 500 ribu," paparnya.

Kenaikan harga sewa mobil rental tersebut sudah dirapatkan oleh paguyuban rental mobil di Kota Semarang. Sehingga rata-rata semua rental di Kota Semarang mempunyai tarif yang sama. "Kenaikan ini didasarkan pada rapat paguyuban rental." katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Owner Rental Sedayu, Alif Tirta. Mobil rental miliknya sudah habis disewa oleh pelanggan yang akan mudik.

"Rata-rata yang sewa itu sudah menjadi langganan," paparnya.

Dia bersyukur, akhirnya pengusaha rental di Kota Semarang bisa panen saat bulan Ramadhan. Menurutnya, lebaran dua tahun yang lalu sepi karena larangan mudik.

"Jauh kalau dibandingkan dengan sekarang. Ini juga sudah habis," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/21/195402778/pengusaha-rental-banjir-pesanan-mobil-habis-disewa-sejak-sebelum-ramadhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke