Salin Artikel

Liza Kurniati, Sosok "Kartini" Pejuang Kelestarian Lingkungan Hidup dari Pemalang

Pemberi penghargaan sendiri berasal dari OASE-KIM (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju), organisasi istri para menteri dan juga Ibu Negara.

Penghargaan digelar bersamaan perayaan hari Kartini tahun 2022 di Pendopo Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, diserahkan langsung istri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, Kamis (21/4/2022).

Liza Kurniati, bernaung dalam kelompok 'MPA Rimba Slamet' yang konsen pada pelestarian lingkungan khususnya hutan di lereng Gunung Slamet yang masuk wilayah Kabupaten Pemalang.

Dia sudah aktif berkegiatan sejak 2014 dengan menginisiasi pencegahan kebakaran hutan.

Selain vokal pada isu penyelamatan alam, 'MPA Rimba Slamet' menjadi pionir dalam acara pecinta alam seperti LLA (Lomba Lintas Alam) dan pendakian gunung.

Desa Jurangmangu, tempat tinggal Liza terletak di lereng sebelah utara Gunung Slamet.

Desa tersebut merupakan desa wisata yang menawarkan konsep wisata adventure. Baik itu bersepeda maupun berjalan ataupun berlari dengan landscape pegunungan.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang, Raharjo, mengapresiasi  yang dilakukan oleh Liza Kurniati bersama rekan-rekannya.

"Saya turut bangga dan mengapresiasi atas pengabdiannya dalam pelestarian alam yang telah dilakukan. Semoga wilayah-wilayah (desa) lain dapat mengikuti," terangnya.

"Saya katakan Liza Kurniati adalah wanita hebat, berprestasi. Dia adalah Kartini lingkungan hidup Kabupaten Pemalang, semoga dapat diikuti Kartini-Kartini lainnya," sambung Raharjo.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/21/142651978/liza-kurniati-sosok-kartini-pejuang-kelestarian-lingkungan-hidup-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke