Salin Artikel

Abing Santoso, Guru Tari SMKN 13 Surabaya yang Videonya Menari Bersama Murid Sekelas Viral di Medsos

Semua yang melihat aksi Abing dengan menirukan gaya tari tokoh pewayangan itu membuat kagum. Bahkan Mendikbud Riset dan Teknologi Nadiem Makarim memberikan apresiasi khusus melalui Instagramnya.

Aksi sang guru honorer di SMKN 12 itu pun langsung menarik perhatian Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Senin (18/4/2022) siang, Wawali Cak Ji menemui Abing.

"Saya juga mau menari kalau yang mengajari guru hebat Pak Abing ini," kata Wawali Cak Ji sambil menirukan gerakan menari dengan kedua tangan mengayunkan selendang.

Kemampuan Abing memang bukan kaleng-kaleng.

Abing yang lahir dan besar di Blitar ini mengambil seni tari saat duduk di bangku SMKN 12 (dulu SMKN 9).

Lalu ia melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Kesenian Wikwatikta (STKW) Surabaya. Dia adalah seniman yang aktif di komunitas. Ia juga kerap tampil di luar negeri seperti Singapura dan Turki.

Saat ini pun ia tercatat sebagai dosen di STKW Surabaya.

Abing mengaku fokus dalam perkembangan seni tari, khususnya tari klasik Nusantara. Dia makin tertantang saat tarian luar negeri malah disukai remaja Indonesia.

"Saya berusaha konsisten. Seni budaya harus kita lestarikan," kata Abing.

Strategi yang Abing lakukan untuk melestarikan tarian Nusantara itu ialah menyusun metode pengajaran yang menyenangkan.

Termasuk melibatkan media sosial dan sering mengapresiasi seni dan budaya untuk para muridnya.

"Mengajak murid-murid untuk sharing dan diskusi, saling kolaborasi dan terus menularkan ke generasi sekarang. Yakinlah gerakan tari kita lebih otentik dan yakinlah tarian kita lebih kaya," kata Abing.

Saat ke SMKN 12, Wakil Wali Kota Surabaya melihat sendiri iringan gending srampat dibarengi liukan tarian yang memukau oleh Abing.

Gerakan memukau itu diikuti juga oleh Cak Ji bersama murid SMKN 12.

"Saya turut mengapresiasi dengan gaya mengajar pak Abung bahkan viral dan dibagikan Mas Menteri Nadiem Makarim. Gaya tari Pak Abung yang begitu bisa menjadikan anak-anak muda simpatik dengan seni tari tradisional," kata Cak Ji.

Wawali Cak Ji juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya karena Abing sebagai guru mampu mengkolaborasikan seni tari bersama media sosial.

Ia berharap langka Abing bisa meningkatkan animo generasi muda untuk belajar seni tari tradisional bisa lebih meningkat lagi

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Abing Santoso, Guru Tari SMKN 13 Surabaya Yang Viral, Inilah Sosok Aslinya

https://regional.kompas.com/read/2022/04/20/125700778/abing-santoso-guru-tari-smkn-13-surabaya-yang-videonya-menari-bersama-murid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke