Salin Artikel

Jadwal Layanan Penukaran Uang di Pelabuhan Merak Banten

SERANG, KOMPAS.com - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten akan membuka layanan penukaran uang rupiah di Pelabuhan Merak, Cilegon, pada 27 April 2022.

Masyarakat atau pemudik yang ingin menukarkan uang bisa menukarkan secara langsung tanpa mendaftar terlebih dahulu melakui aplikasi PINTAR atau laman pintar.bi.go.id.

Adapun pelayanan penukaran akan dimulai pada pukul 10.30-13.30 WIB melalui layanan kas keliling.

"Ada tambahan layanan kas keliling penukaran uang pada 27 April di Pelabuhan Merak," kata Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia Provinsi Banten, Efendi kepada Kompas.com, Rabu (20/4/2022).

"Untuk yang di Pelabuhan Merak pemudik bisa langsung tanpa mendaftar atau go show," sambung Efendi.

Efendi menjelaskan, pembukaan kas keliling di Pelabuhan Merak bertujuan untuk melayani pemudik yang belum sempat atau tidak mempunyai akses penukaran ke bank.

Kepala Kantor Perwakilan BI Banten, Imanudin Sahabat memproyeksikan, kebutuhan penukaran uang selama Ramadhan dan Lebaran 2022 di Banten mencapai Rp 2,7 triliun.

"Jika tidak mencukupi kita sudah menyiapkan cadangan dan kita siap membantu perbankan memenuhi kebutuhan uang," kata Imanudin.

Selain Pelabuhan Merak, BI Banten akan membuka layanan kas keliling di Ciputat Tangerang Selatan pada 20 April, Alun-alun Pandeglang 21 April, Alun-alun Kota Serang 25 April, dan Alun-alun Kota Cilegon 28 April.

Sebelumnya, BI Banten juga telah bekerja sama dengan pemerntah daerah dan intasi lainnya untuk membuka layanan kas keliling.

Adapun penukaran akan dibatasi maksimal 1 pack untuk pecahan Rp 20.000, Rp10.000, Rp 5.000, dan Rp2.000.

Untuk info lebih lanjut terkait penukaran uang, masyarakat dapat menghubungi Humas Unit Pengelolaan Uang Rupiah BI Banten melalui WA/SMS ke 081290505704.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/20/120338678/jadwal-layanan-penukaran-uang-di-pelabuhan-merak-banten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke