Salin Artikel

Selidiki Penyebab Robohnya Alfamart Gambut yang Timpa 14 Orang di Banjar, Polda Kalsel Gandeng Forensik Surabaya

KOMPAS.com - Bangunan Alfamart Gambut di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), roboh pada Senin (18/4/2022) sore hari atau menjelang waktu buka puasa.

Data sementara korban tercatat 14 orang, sepuluh ditemuka nselamat dan dan 4 orang tewas.

Dugaan Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto, penyebab ambruknya bangunan Alfamart di Jalan Ahmad Yani KM 14, Kecamatan Gambut, itu karena masih diselidiki.

Namun, dirinya menduga bangunan Alfamart itu sudah rapuh karena sudah berusia 20 tahun.

"Hal ini mengakibatkan fondasi yang ada di bawahnya mengalami kerusakan dan rapuh. Jadi, tidak sekuat ketika awal dibangun," ujar Rikwanto kepada wartawan pada Senin malam.

Libatkan tim forensik dari Surabaya

Rikwanto menambahkan, untuk proses penyelidikan di Alfamart Gambut, pihaknya akan melibatkan tim forensik dari Surabaya, Jawa Timur.

Rencananya, tim dari Surabaya akan tiba esok dan segera melakukan penyelidikan.

"Kemungkinan besok tim dari Surabaya sudah datang ke lokasi. Dengan begitu, bisa diketahui penyebab mengapa ruko ini bisa roboh rata dengan tanah," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, 14 orang tertimbun reruntuhan Alfamart Gambut. Butuh 16 jam untuk mengevakuasi para korban.

Saat ini petugas gabungan masih melakukan penyisiran di lokasi kejadian untuk memastikan tak ada korban yang tertinggal.

(Penulis : Kontributor Banjarmasin, Andi Muhammad Haswar | Editor : Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2022/04/19/161511878/selidiki-penyebab-robohnya-alfamart-gambut-yang-timpa-14-orang-di-banjar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke