Salin Artikel

Ini 12 Titik Rawan Macet dan Kecelakaan di Jalur Menuju Pelabuhan Merak

SERANG, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Banten telah melakukan pemetaan titik rawan kemacetan dan kecelakaan di jalur mudik.

Berdasarkan data dari Polda Banten, terdapat 12 titik rawan macet di jalan arteri dari arah Jakarta menuju Pelabuhan Merak.

Adapun titiknya yakni di Simpang Pasar Balaraja Barat dan Pasar Gembong di Kabupaten Tangerang.

Kemudian di Simpang Tiga Asem, depan PT Nikomas, Pasar Tambak, Pasar Kragilan, Pasar Kalodran, Pasar Ciruas, simpang Kramatwatu dan Serdang di Kabupaten Serang.

Untuk di Kota Serang depan Terminal Pakupatan dan depan Mall Serang alun-alun Serang.

"Personel akan stand by di jam-jam macet. Mereka nanti akan kita jadikan pagar betis yang tugasnya pengaturan lalu lintas dan mencegah kesemrawutan lalu lintas," kata Wakil Kepala Polda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari kepada wartawan di kantornya. Selasa (19/4/2022).

12 titik rawan kecelakaan

Sedangkan untuk titik rawan kecelakaan berdasarkan pemetaan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Banten di Jalan Gatot Subroto, Tangerang.

Kemudian di Kampung Raab Cikande, Citerep, Kalodran, KM 7 dan 10 Kramatwatu, dan Simpang Bojonegara di Kabupaten Serang.

Untuk di wilayah Kota Cilegon di persimpangan gerbang tol Cilegon Barat dan Kecamatan Grogol.

Rekayasa lalu lintas di Tol Tangerang-Merak

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Banten Amiludin Roemtaat mengatakan, sejumlah rekayasa lalu lintas akan dilakukan mencegah terjadinya kemacetan di jalur arteri dan tol menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Khusus di Gerbang Tol Merak, kata Roemtaat, akan diberlakukan sistem buka tutup dan mengalihkan kendaraan dari arah Jakarta keluar di Gerbang Tol Cilegon  Barat.

"Jika terjadi antrean panjang dari Pelabuhan Merak, sampai pintu Tol Merak, kita akan diberlakukan sistem buka tutup dan penambahan personel," kata Roemtaat kepada wartawan.

Ribuan personel dikerahkan

Untuk kelancaran arus mudik, 3.178 personel gabungan dari Polda Banten, TNI, Dishub, Satpol PP, dan intansi lainnya dikerahkan.

Roemtaat menyebutkan, 35 pos pengamanan, lima pos pelayanan dan pos terpadu akan disiapkan untuk menyukseskan Operasi Ketupat Maung 2022.

"Untuk pengamanan mudik yang dikerahkan 3.179 orang dari petugas gabungan," kata Roemtaat.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/19/134340078/ini-12-titik-rawan-macet-dan-kecelakaan-di-jalur-menuju-pelabuhan-merak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke