Salin Artikel

Gibran Tegur Satu Pabrik di Solo karena Cicil THR untuk Pekerja

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengetahui hal itu langsung melakukan tindakan langsung dan koordinasi dengan Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Solo.

"Kemarin ada yang dilaporkan, salah satu pabrik di Solo. (Mereka) dilaporkan karena THR-nya dicicil," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selasa (19/4/2022).

"Dipanggil Disnaker Solo. Kalau ada yang begitu, dilaporkan saja nanti kami urus, tenang saja," lanjut Gibran.

Sikap perusahaan di Kota Solo ini, tidak sesuai instruksi pemerintah pusat melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani mengimbau THR diberikan mulai H-10 Idul Fitri 2022 dan dilakukan secara penuh.

Meski demikian, Gibran membuka kesempatan bagi perusahaan atau pabrik yang mengalami kesulitan memberikan THR secara penuh untuk melakukan mediasi.

"Jangan dicicil, kami dari Disnaker akan memediasi kalau ada kesulitan dari sisi pengusaha dan owner pabrik, tenang saja," jelas Gibran.

"Kalau bisa diberikan (THR) secara full, kalau ada kendala lain lapor ke Disnaker lah kami akan memediasi. Kami tidak mau mempersulit atau memberatkan pegawai dan pemilik perusahaan juga," imbuhnya.

Di sisi lain, terkait THR aparatur sipil negara (ASN) Solo, Gibran memastikan akan segera dibagikan. Pembagian THR untuk ASN Solo akan dilakukan sesuai ketentuan berlaku.

"Tenang saja, sing sabar. Ini masih tanggal berapa? pasti nanti dibagikan, sudah diatur Pak Sekda," ujarnya.


Diberitakan sebelumnya, Sri Mulyani menyatakan komposisi THR ASN dan pensiunan tahun ini dilakukan penyesuaian dengan menambah 50 persen tunjangan kinerja per bulan.

Yang nilainya lebih besar dari tahun 2020 dan 2021, komposisi THR ASN hanya berupa gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural, fungsional, atau umum.

"Untuk tahun ini, kita tambahkan 50 persen dari tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja. Jadi besarannya lebih besar dari tahun 2021," ujar Sri Mulyani, saat Press Statement secara virtual, Sabtu (16/4/2022).

Penambahan komposisi THR ASN dan pensiunan tahun ini dengan mempertimbangkan pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 yang semakin baik di tahun ini.

Kemudian, kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga turut mengalami pemulihan.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/19/104704778/gibran-tegur-satu-pabrik-di-solo-karena-cicil-thr-untuk-pekerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke