Salin Artikel

Gunakan "Crane" dan Bor, Petugas Cari Korban Ambruknya Alfamart Gambut, Ada Banyak Puing Beton Besar

Ada sekitar 16 orang yang tertimbun bangunan tiga lantai tersebut.

Pencarian korban yang dilakukan hingga Senin tengah malam berlangsung dramatis. Proses pencarian sulit karena banyaknya puing beton besar serta banyaknya warga yang menonton.

Senin sore, ada tiga korban yang berhasil dikeluarkan dari puing bangunan.

Kemudian sekitar pukul 19.30 Wita, satu korban selamat kembali bisa dikeluarkan. Total korban diperkirakan terdiri dari enam karyawan toko dan sisanya adalah konsumen.

Petugas pencarian yang terdiri dari Basarnas, Polres Banjar, Polda Kalsel, Tagana dan relawan, Damkar, bahkan harus menurunkan alat berat, crane, ekskavator, serta bor dan gerinda.

Petugas juga berhati-hati dalam melakukan pencarian sambil mendengarkan suara korban di balik reruntuhan.

"Kami gunakan alat berat demi mudahkan pencarian korban," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga, Wasino, yang mewakili Kepala Basarnas Banjarmasin mengatakan, ada dua tim yang berjumlah 18 orang diterjunkan untuk mencari korban yang masih tertimbun bangunan 12 meter.

"Kami pastikan bahwa semua korban yang ada akan kami evakuasi seluruhnya, tentu dengan kerja sama dari seluruh tim SAR Gabungan yang berada di lokasi saat ini," ujar Wasino.

Tim Basarnas juga menggunakan peralatan guna membantu pencarian, yaitu Search Cam, Thermal, Rescue Radar, dan Life Detector.

Berdasarkan data dari Posko Tagana Kalsel di sekitar lokasi, tercatat sekitar 15 korban dalam insiden maut tersebut.

Delapan orang korban sudah ditemukan dalam keadaan hidup dan dan langsung dievakuasi ke rumah sakit.

Kemudian, ada satu orang korban dinyatakan meninggal atas nama Ahmad Nayada (25).

Sedangkan lima orang dinyatakan masih dalam pencarian, yakni atas nama Agustina (21), Akbar Riansyah (25), Misnawati (25), Hanafi (22), dan Eddy Priyanto.

"Korban yang belum ditemukan ini berdasarkan laporan yang diterima. Ada karyawan dan ada juga orang yang berbelanja," ujar Syarif, seorang petugas Pos Tagana Kalsel di lokasi musibah.

Berdasarkan informasi terbaru, ada dua korban lagi dinyatakan meninggal dan diduga ada di dalam daftar lima orang korban yang sedang dicari tersebut.

"Informasi yang baru masuk ada dua orang lagi ditemukan meninggal dan dibawa ke rumah sakit di Banjarmasin. Tetapi, belum diketahui identitasnya, kemungkinan ada yang di dalam daftar pencarian," imbuh Syarifnya.

Korban yang ditemukan dalam keadaan hidup dan dievakuasi ke rumah sakit adalah Norayifa, Irfan, Yulia Ratna, Fahrul Reza (21), Agus Saputra (35), Lia Agustina (20), Arini, dan seorang relawan atas nama Bahransyah.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Minimarket di Kalsel Roboh Tewaskan 3 Orang, 8 Korban Luka Dirawat di RS, 5 Lainnya dalam Pencarian

https://regional.kompas.com/read/2022/04/19/074100878/gunakan-crane-dan-bor-petugas-cari-korban-ambruknya-alfamart-gambut-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke