Salin Artikel

Tak Kuat Menanjak, Truk Pengangkut 7 Ton Alpukat Terbalik di Tanjakan Enang-enang Bener Meriah Aceh

BENER MERIAH, KOMPAS.com - Sebuah truk boks yang mengangkut 7 ton alpukat terbalik di tanjakan Enang-enang, Kampung Arul Cincin, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah, Aceh pada Senin (18/4/2022) pagi.

Kapolsek Pintu Rime Gayo Iptu Selode Ilen mengatakan, kecelakaan truk boks Isuzu dengan nomor polisi B 9144 SXS itu terjadi sekitar pukul 6.00 WIB.

"Truk tersebut dikemudikan oleh Fadmi Nur Said (62), warga desa Rangkasbitung Timur Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak," kata Iptu Selode Ilen dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com.

Selode mengatakan, truk tersebut melaju dari arah Takengon, Aceh Tengah, Aceh.

Namun saat berada di tanjakan, truk tersebut hilang kendali atau kehilangan tenaga hingga akhirnya terbalik.

"Saat berada di tanjakan pertama setelah jembatan Enang-enang, truk kehilangan tenaga, lalu mundur dan terbalik," ungkapnya.

Pasca kejadian, anggota Mapolsek Pintu Rime Gayo turun ke lokasi untuk mengatur arus lalu lintas. Sebab, kecelakaan tersebut berpotensi mengganggu arus kendaraan yang melintas.

"Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan lalu lintas tunggal yang di alami truk boks tersebut," pungkasnya.

Tanjakan Enang-enang dikenal sebagai jalur maut

Bagi masyarakat Gayo, baik masyarakat Aceh Tengah dan Bener Meriah, tanjakan Enang-enang yang terletak di Kecamatan Pintu Rime Gayo dikenal sebagai jalur maut.

Pasalnya, tanjakan Enang-enang memiliki jaluk mendaki dan berbelok, serta memiliki tebing curam. Penampakan tanjakan Enang-enang disebut tidak jauh berbeda dengan jalan kelok sembilan di Sumatera Barat.

Banyak kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban jiwa maupun korban luka terjadi di tanjakan Enang-enang.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/18/152834078/tak-kuat-menanjak-truk-pengangkut-7-ton-alpukat-terbalik-di-tanjakan-enang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke