Salin Artikel

Sejumlah Jalan Lintas Bengkulu-Sumbar Tak Aman bagi Pemudik, Kondisi Berlubang hingga Ada Kawanan Sapi

BENGKULU, KOMPAS.com - Sejumlah jalan lintas dan jembatan di Provinsi Bengkulu menuju Jambi dan Sumatera Barat dinilai tak aman bagi pemudik.

"Masih banyak kawanan kerbau dan sapi di jalan lintas Bengkulu-Sumatera Barat, Bengkulu-Lampung, bagi pemudik lintasi jalur ini diminta waspada dan tetap konsentrasi," ujar Ogi salah seorang pengemudi truk ekspedisi dari Bengkulu ke Pulau Jawan, Minggu (17/4/2022).

Pantauan Kompas.com, kerumunan sapi banyak ditemukan di Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma hingga Kabupaten Mukomuko.

Perjalanan malam hari sebaiknya dihindari mengingat kurangnya lampu penerangan jalan.

Selain kawanan hewan, jalur lintas barat pesisir Bengkulu juga dihantui abrasi parah yang menghancurkan sejumlah jalan nasional.

Abrasi parah yang mengikis tepi jalan ini berada di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara dan sebagian jalan di Kabupaten Mukomuko menuju Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu, kondisi jalan berlubang pada lintas pesisir barat Bengkulu banyak ditemukan di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, dan Mukomuko.

Selain jalan rusak, sejumlah jembatan juga mengalami kerusakan.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Bengkulu, Kombes Pol Sumardji menyampaikan, saat ini masih ada sejumlah jembatan di ruas jalan Kota Bengkulu menuju Kabupaten Mukomuko mengalami kerusakan.

Pihaknya merekomendasikan pemerintah bergerak cepat memperbaiki kerusakan itu jelang arus mudik lebaran.

"Polisi mengidentifikasi banyak ditemukan jembatan rusak dan tak siap pakai berada di ruas jalan dari Kota Bengkulu menuju Kabupaten Mukomuko berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat," kata Sumardji.

Kedua jembatan yang rusak tersebut tepatnya berada di Desa Batik Nau dan Kecamatan Ketahun, Kabupten Bengkulu Utara.

Polisi akan melakukan penjagaan di sejumlah jembatan rusak lalu mengalihkan kendaraan di atas 10 ton ke jalan alternatif.

Kapolres Mukomuko, AKBP Witdiardi mengatakan pihaknya menyiapkan personel untuk memantau arus mudik lebaran dari Bengkulu menuju Provinsi Sumatera Barat.

"Kita berharap arus mudik lebaran berjalan lancar dan aman," demikian Kapolres.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/17/232024878/sejumlah-jalan-lintas-bengkulu-sumbar-tak-aman-bagi-pemudik-kondisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke