Salin Artikel

Mudik dengan Kapal Pelni dari Kepulauan Riau, Ini Jadwal dan Rutenya

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Sebagai daerah kepulauan, kapal laut merupakan transportasi utama bagi masyarakat Kepulauan Riau (Kepri).

Selain kapal ferry antar pulau dan provinsi tetangga, kapal penumpang PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) juga menjadi pilihan favorit masyarakat Kepri.

Terlebih jelang hari raya Idul Fitri seperti saat ini, masyarakat akan berbondong-bondong mempersiapkan mudik, termasuk memburu tiket kapal PT Pelni.

Jadwal kapal Pelni dan rutenya

Berdasarkan data dari PT Pelni Tanjungpinang, beberapa kapal akan melayani penumpang dari sejumlah pelabuhan di Kepri, jelang hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Berikut jadwal dan rutenya:

1. KM Kelud

Kapal KM Kelud dapat menampung hingga 1.900 penumpang.

Kapal ini akan berangkat dari Kota Batam menuju Tanjungbalai, Karimun dan melanjutkan ke Belawan, Medan pada Minggu (17/4/2022).

Kemudian di hari Senin (18/4/2022), KM Kelud berangkat dari Belawan, Medan dan dijadwalkan tiba di Tanjungbalai, Karimun serta Batam pada Selasa (19/4/2022).

Kemudian KM Kelud akan berangkat dari Batam menuju Tanjung Priok Jakarta.

Berikut jadwal dan rute KM Kelud mulai H-9 lebaran:

2. KM Dorolondo

Kapal PT Pelni KM Dorolondo merupakan armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran tahun 2022 dari Sribayintan Kijang.

KM Dorolondo biasa melayani pelayaran di Indonesia bagian timur untuk menggantikan KM Kelud yang sementara tidak masuk ke Pelabuhan Sribayintan Kijang.

Untuk jadwalnya, KM Dorolondo akan berangkat Pelabuhan Sribayintan Kijang menuju Pelabuhan Belawan Medan pada Kamis (21/4/2022).

Kemudian KM Dorolonda akan kembali bersandar di pelabuhan Sribayintan Kijang pada Sabtu (23/4/2022) dan berangkat ke Tanjung Priok

3. KM Bukit Raya

Kapal KM Bukit Raya melayani keberangkatan dari Pelabuhan Sribayintan Kijang pada Jumat (15/4/2022).

Rutenya, KM Bukit Raya berangkat dari Sribayintan KM Bukit Raya menuju Letung-Tarempa-Natuna-Midai-Serasan-Pontianak-Surabaya-Pontianak-Serasan-Midai-Natuna-Tarempa-Letung-Sribayintan Kijang.

Pada Senin (25/4/2022), KM Bukit Raya akan berangkat kembali dari Sribayintan menuju Blinyu dan Tanjung Priok.

4. Kapal KM Sabuk Nusantara 48, 80, dan 83

KM Sabuk Nusantara akan berangkat dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang pada Sabtu (23/4/2022) menuju Jagoh/Dabo - Pekajang-Blinyu.

Selanjutnya pada Selasa (26/4/2022), KM Sabuk Nusantara kembali berangkat dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang menuju Tambelan-Midai-Penagi-Serasan-Sintete.

Kemudian KM Sabuk Nusantara kembali tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura pada Senin (2/4/2022).

Syarat perjalanan dengan kapal Pelni

Pemerintah telah menetapkan persyaratan perjalanan bagi calon penumpang yang ingin mudik menggunakan kapal PT Pelni, yakni:

Kepala Operasional PT Pelni Tanjungpinang Suharto berpesan agar para calon penumpang disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Ikutilah syarat yang telah ditetapkan. Lalu jauh-jauh hari sebaiknya sudah membeli tiket di loket yang berada di kantor kami ataupun di agen travel," ujar Suharto yang dijumpai di kantornya, Kamis (14/4/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/04/16/075130478/mudik-dengan-kapal-pelni-dari-kepulauan-riau-ini-jadwal-dan-rutenya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke