Salin Artikel

Banjir 50 Sentimeter Kepung Ruangan Rawat Inap RSUD Soekardjo Tasikmalaya, Pasien dan Perawat Mengungsi ke Atas Meja Kerja

Pantauan Kompas.com, seluruh pasien dan perawat kaget terpaksa mengungsi di tempat yang tak tergenang air mulai meja kerja, kasur pasien dan kursi tinggi.

Genangan air hampir merata sekitar 50 sampai 60 sentimeter di semua ruangan dan jalan lorong-lorong bagian dalam rumah sakit.

Bahkan, genangan air sampai 1 meter lebih di halaman lorong rumah sakit atau ruang hijau dan selokan antar bangunan ruangan rawat inap.

Para pasien dan perawat terlihat sibuk berbenah lokasi ruangan rawat inap supaya tak menanggu para pasien yang dirawat.

Bahkan terlihat tong sampah plastik, alat-alat kesehatan dari plastik seperti cairan inpus terlihat mengambang di genangan air seluruh ruangan lantai 1 rumah sakit milik Pemkot Tasikmalaya tersebut.

Seperti di ruangan Mawar dan Aster RSUD Soekardjo Tasikmalaya terlihat keluarga pasien sibuk berhamburan keluar karena genangan air tak pernah surut sampai pukul 19.30 WIB, Jumat malam.

"Saya tadi mau buka puasa, tiba-tiba hujan deras dan air langsung mengepung seluruh ruangan setinggi 50 sampai 60 sentimeter. Kita pada kaget semua perawat dan pasien di sini, karena khawatir genangan air akan lebih meninggi," jelas Meli (45), salah seorang keluarga penunggu pasien di ruangan Aster RSUD Soekardjo Tasikmalaya, Jumat malam.

Bukan hanya para pasien yang menyelamatkan diri supaya tak kebanjiran, para perawat pun mengungsi di atas meja.

"Terpaksa saya di sini duduk di atas meja. Banjir gak surut-surut. Terpaksa saya diam di sini, nunggu pasien," ujar Nandang, salah seorang perawat di rumah sakit tersebut.

Di ruangan lainnya seperti Mawar, Laboratorium, Poliklinik dan Bougenvile pun sama tergenang air banjir dan para terlihat sibuk menyelematkan pasien yang tengah dirawat supaya tak kebanjiran.

Puluhan pasien yang sednag dirawat terlihat masih bertahan karena masih berharap genangan banjir akan surut.

"Tadi katanya banjir akibat saluran drainase. Saya lihat sekali air keluar hampir di semua WC pasien. Kata pegawai di sini katanya meluap air di Sungai Cimulu samping rumah sakit dan selokan pada rusak di rumah sakit," tambah Evi (56), salah seorang keluarga pasien di ruang Mawar RSUD Soekardjo Tasikmalaya.

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Manajemen RSUD Soekardjo Tasikmalaya karena masih terlihat sibuk mengevakuasi para pasien yang kebanjiran.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/16/025955878/banjir-50-sentimeter-kepung-ruangan-rawat-inap-rsud-soekardjo-tasikmalaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke