Salin Artikel

Gubernur Riau Temui Menkes Budi, Usul Pembangunan RS Baru Tipe A

PEKANBARU, KOMPAS.com - Gubernur Riau Syamsuar terbang ke Jakarta untuk menemui Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Kamis (14/4/2022).

Dalam pertemuan itu, Gubernur Riau menyampaikan kepada Menkes Budi bahwa masyarakat Riau membutuhkan Rumah Sakit Tipe A.

Pembangunan rumah sakit tipe A ini, diharapkan Syamsuar dibangun melalui dana APBN.

"Kami berharap, semoga dengan adanya rumah sakit tipe A ini, nanti dapat dimanfaatkan untuk menangani penyakit secara paripurna yang selama ini belum dapat terpenuhi," ucap Syamsuar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (14/4/2022).

Selain itu, menurut Syamsuar, keberadaan rumah sakit tersebut tentunya akan meningkatkan kesehatan masyarakat yang ada di Riau dan provinsi tetangga, dibanding harus berobat ke luar negeri.

Syamsuar mengaku, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menyiapkan lahan seluas 10 hektar di lokasi yang sangat strategis untuk rumah sakit tersebut.

"Aksesnya mudah dicapai melalui jalan tol dari berbagai daerah, juga dari provinsi tetangga dengan jarak tempuh antara dua sampai tiga jam dengan kendaraan darat," kata Syamsuar.

Belajar dari pengalaman, orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning ini tidak ingin masyarakat Riau mengalami kendala apabila dirujuk ke rumah sakit luar.

"Sangat terasa, apabila masyarakat kita dirujuk ke rumah sakit luar provinsi, biaya transportasi dan akomodasi. Apalagi, penyesuaian lingkungan sekitar pasti menjadi kendala," sebut Syamsuar.

Sementara itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin menyambut baik usulan yang disampaikan oleh Gubernur Riau tersebut.

Menkes akan segera menurunkan tim survey ke Riau untuk mendata apa saja kebutuhan yang ada di lapangan.

"Semoga keberadaan rumah sakit ini di kemudian hari akan banyak membantu masyarakat secara lintas provinsi. Karena, Riau berada di jantung Pulau Sumatera dengan akses yang mudah, ditambah di tahun 2024 nanti bila tidak ada halangan seluruh sesi jalan trans Sumatera akan tersambung," kata Budi.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/14/194542178/gubernur-riau-temui-menkes-budi-usul-pembangunan-rs-baru-tipe-a

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke