Salin Artikel

Ini Cara Daftar Mudik Lebaran Gratis ke Jawa Tengah untuk Perantau di Jabodetabek

Dalam keterangan tertulis, Ganjar mengunggah di media sosial terkait informasi mudik Lebaran gratis yang bakal digelar serentak pada Kamis 28 April 2022.

"Halo warga Jateng yang berada di Jabodetabek, ada kabar bahagia nih. Akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir kembali. Mudik lebaran gratis bantuan Gubernur Jawa Tengah, Bupati/Wali Kota se Jateng dan Bank Jateng tahun 2022," tulis Ganjar dalam postingan di instagram @ganjar_pranowo.

Lokasi keberangkatan mudik Lebaran gratis yakni di Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta Timur.

"Syarat mengikuti mudik adalah ber-KTP Jawa Tengah, sudah vaksin booster. Sementara kriteria pekerjaan yang boleh ikut serta adalah Asisten Rumah Tangga (ART), pengemudi online, buruh bangunan, pedagang kecil/asongan," katanya.

Pendaftaran dibuka secara online mulai 13 April 2022 dengan cara mengakses dan mengisi link https://bit.ly/mudikgratisbantuangubjateng2022.

"Ayo segera daftar, karena kuota terbatas. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi nomor 021-7395238," jelasnya.

Program mudik Lebaran gratis dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo ini disambut antusias oleh warga Jateng di Jabodetabek.

Ketua Paguyuban Jawa Tengah, Leles Sudarmanto mengatakan warga Jateng yang ada di Jabodetabek sudah lama menantikan adanya program tersebut.

"Antusias warga Jateng di sini sangat luar biasa. Bagaimana tidak, sudah dua tahun warga tidak pulang kampun. Terima kasih kami sampaikan pada Pak Ganjar, karena sangat peduli pada masyarakat Jawa di mana pun berada," katanya.


Leles menambahkan, meski mudik gratis yang digelar tahun ini tak seperti sebelum pandemi, tapi hal itu sudah sangat membantu.

Ia berharap ke depan program mudik gratis ini bisa digelar kembali dengan meriah.

"Harapannya pada sedulur-sedulurku, ayo ramaikan program mudik gratis ini. Jangan lupa syarat dan ketentuannya seperti vaksin booster, antigen dan lain-lain harus dipenuhi. Karena ini masih pandemi, kita semua harus menjaga diri dan tetap patuh protokol kesehatan. Jangan sampai lengah, karena sekarang corona masih berkeliaran," tutupnya.

Sebagai informasi, sebelum pandemi, mudik gratis jadi program tahunan Ganjar Pranowo untuk warganya di perantauan yang hendak pulang kampung di masa lebaran.

Pada 2019 misalnya, Ganjar yang menggandeng pemerintah kota atau kabupaten melepas sekitar 20.000 pemudik dari Jabodetabek.

Ada tiga modal transportasi yang digunakan, bus, kapal dan kereta api.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/14/164651378/ini-cara-daftar-mudik-lebaran-gratis-ke-jawa-tengah-untuk-perantau-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke