Salin Artikel

Polisi Bersenjata Diterjunkan Amankan 127 Gereja di Sukoharjo Saat Perayaan Paskah

Personel yang diterjunkan akan dilengkapi dengan senjata api, baik laras panjang maupun pendek.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sukoharjo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan jumlah personel yang diterjunkan merupakan gabungan dari Polres dan Polsek.

"Jumlah personel yang terlibat ada 358 orang gabungan Polres dan Polsek. Mereka akan mengamankan 127 gereja yang merayakan misa Paskah," kata Wahyu dihubungi Kompas.com, Kamis (14/4/2022).

Dia menambahkan dari 127 gereja itu ada 10 gereja besar yang mendapat prioritas pengamanan. Masing-masing gereja besar akan dijaga sekitar enam personel polisi.

Sedangkan gereja kecil yang melaksanakan perayaan Paskah juga tetap mendapatkan pengamanan.

Menurut Wahyu personel polisi yang diterjunkan dalam pengamanan Paskah akan bergabung dengan TNI dan petugas pengamanan internal gereja.

"Gereja besar yang prioritas itu sekitar enam personel. Nanti dari TNI juga ada dan pengamanan internal dari gereja," kata dia.

Selain pengamanan gereja, pihaknya juga akan menerjunkan personel untuk melaksanakan patroli ke gereja-gereja hingga ke tingkat kelurahan.


Di sisi lain, pihaknya juga menyiapkan tim penjinak bahan peledak (jihandak) untuk melaksanakan sterilisasi di gereja-gereja sebelum perayaan Paskah.

"Hari ini sebelum misa Paskah dimulai kita lakukan sterilisasi ke gereja-gereja. Semua kita lakukan untuk memberikan jaminan keamanan bagi saudara-saudara kita umat Kristen dan Katolik yang merayakan Paskah," ungkap Wahyu.

Lebih jauh, Wahyu mengingatkan kepada jemaat dan pengurus gereja di Sukoharjo yang merayakan Paskah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Hal tersebut sebagai salah satu bentuk antisipasi karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/14/140416178/polisi-bersenjata-diterjunkan-amankan-127-gereja-di-sukoharjo-saat-perayaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke