Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Hens Songjanan Calon Prajurit TNI yang Sempat Dipecat Diterima Lagi | Kecelakaan Maut di Pegunungan Arfak

KOMPAS.com - Berita Hens Songjanan, calon prajurit TNI yang dipecat seminggu menjelang pelantikannya diterima kembali menjadi perhatian publik.

Diketahui, Hens dipecat dengan alasan status kependudukan ayahnya, Mikael Songjanan yang merupakan eks nelayan asing asal Myanmar, dianggap tidak sah.

Ia diberhentikan pada Kamis (7/4/2022) lalu. Sementara pelantikan sebagai anggota TNI dijadwalkan Sabtu (16/4/2022) pekan depan.

Sementara itu, kecelakaan maut terjadi di Pegunungan Arfak, Papua Barat, Rabu (13/4/2022) dini hari.

Diduga, kecelakaan itu terjadi karena truk kelebihan muatan dan mengalami rem blong.

Akibat kejadian itu, 18 orang dikakabrkan meninggal dunia.

Berikut populer nusantara selengkapnya:

Sempat dipecat karena ayahnya warga negara Myanmar, Hens, akhirnya diterima kembali. Ia akan mengikuti pelatikan pada Sabtu (16/4/2022).

Anggota DPR RI Komisi 1, Hillary Brigitta Lasut yang diwakili staf ahlinya, Fauzan Rahawarin, melayangkan surat secara langsung kepada petinggi Mabes TNI.

Satu hari berselang, keluarga calon prajurit TNI Hens Songjanan ditelepon oleh Dandim setempat untuk mengonfirmasi terkait keikutsertaan Hens dalam pelantikan.

"Saya selaku anggota DPR RI mewakili segenap warga masyarakat khususnya keluarga Hens Songjanan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Panglima TNI dan Bapak KSAD," kata Hillary Brigitta Lasut dalam keterangan persnya, dikutip dari TribunJakarta, Selasa (2/4/2022).

"Kami berharap adanya tindak lanjut demi keadilan dan yang bersangkutan bisa dilantik hari Sabtu ini," sambungnya.

 

Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat, Kombes Pol Raydian mengatakan, kecelakaan itu terjadi diduga truk mengalami rem blong.

Namun, untuk memastikan itu, pihaknya masih akan melakukan pendalaman.

"Dugaan awal karena rem blong, masih kita dalami lagi," katanya, Rabu.

Hal senada dikatakan Kapolres Manokwari AKBP Parisian Herman Gultom yang mengatakan, rem truk tidak berfungsi saat melintas di tanjakan Minyambouw.

Akibatnya, truk tak terkendali hingga menghantam tebing.

"Setelah menghantam tebing, terseret hingga 6 meter," kata Parisian.

 

Kompleks pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, Jawa Timur, terbakar, Rabu (13/4/2022) sore.

Direktur Marketing Pakuwon Group, pengelola Tunjungan Plaza, Sutandi Purnomosidi mengatakan, titik api berasal dari TP 5.

"Pusat kebakaran dari TP 5 tapi sekarang sudah padam," kata Sutandi saat dikonfirmasi, Rabu.

Untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut, sambungnya, pihaknya masih melakukan investigasi.

"Penyebabnya masih diinvestigasi," ujarnya.

 

Diduga jadi korban pemerkosaan teman suaminya, seorang perempuan muda asal Brebes, Jawa Tengah, berinisial N (22) berusaha bunuh diri dengan cara melompat ke jalur kereta api, Senin (11/4/2022).

Namun, aksinya berhasil digagalkan suaminya, berinisialA.

A mengatakan, sebelum kejadian, istrinya telah meninggalkan rumah sejak tiga hari hingga Senin sore pulang ke rumahnya di Desa Bangsri, Wanasari.

Kepada A, istrinya sempat menceritakan telah menjadi korban pemerkosaan suami temannya.

"Istri saya menceritakan, dirinya telah diperkosa oleh suami dari temannya," kata A kepada wartawan, Selasa (12/4/2022).

 

Meski identitasnya tersebar luas sebagai pelaku pemukul Ade Armando saat mahasiswa menggelar aksi di depan gedung DPR RI, Try Setia Budi Purwanto (26), tidak berencana menuntut siapa pun.

Bahkan, Budi sapaan akrabnya, mengaku ikhlas.

"Semalam saya sudah rembukan keluarga, Mas, keluarga bilang kami tidak menuntut ke siapa pun," kata Budi saat dihubungi, Rabu (13/4/2022) pagi.

Kata Budi, ia telah melakukan klarifkasi atas kabar yang beredar tersebut.

"Kita ambil hikmahnya saja, Mas. Yang penting, masyarakat sudah tahu kalau foto yang tersebar itu bukan saya pelaku pemukulannya," ujarnya.

 

Sumber: KOMPAS.com (Penulis: Achmad Faizal, Tresno Setiadi, Tri Purna Jaya | Editor : Khairina, David Oliver Purba, Rachmawati, Andi Hartik, Ardi Priyatno Utomo)

https://regional.kompas.com/read/2022/04/14/060300778/-populer-nusantara-hens-songjanan-calon-prajurit-tni-yang-sempat-dipecat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke