Salin Artikel

Cara Mudik dari Jakarta ke Surabaya dengan Kendaraan Pribadi, Bus, dan Kereta Api serta Biayanya, Mana Termurah?

KOMPAS.com - Tahun ini akhirnya masyarakat bisa kembali melakukan tradisi mudik Lebaran, setelah dua tahun sebelumnya dibatasi akibat tingginya tingkat penularan dan kematian akibat virus Covid-19.

Bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022 dari Jakarta ke Surabaya melalui jalur darat tentunya akan muncul pertanyaan terkait masalah biaya.

Mengetahui perbandingan besaran tarif di tiap moda transportasi yang melayani rute mudik dari Jakarta ke Surabaya bisa membantu Anda untuk mempersiapkan diri.

Berikut adalah perbandingan perkiraan biaya mudik dengan berbagai moda transportasi yang melayani rute Jakarta ke Surabaya melalui jalur darat, mulai dari mobil pribadi, bus, dan kereta api.

Perkiraan Biaya Mudik Jakarta-Surabaya dengan Mobil Pribadi

Memilih perjalanan dengan mobil pribadi adalah salah satu cara yang kemungkinan akan banyak dipilih pada masa mudik lebaran 2022.

Adapun waktu tempuh kendaraan pribadi rute Jakarta-Surabaya melalui Tol Trans-Jawa berkisar antara 9 hingga 10 jam apabila lalu lintas lancar.

Untuk mudik menggunakan mobil pribadi, biaya yang harus diperhitungkan adalah tarif tol Jakarta-Surabaya dan biaya untuk bahan bakar (BBM).

Dari rincian tarif pada tiap ruas tol, perkiraan total tarif tol Jakarta - Surabaya untuk jenis kendaraan golongan I adalah Rp 727.500.

Sementara dengan harga BBM Pertamax yang kini naik menjadi Rp 12.500 per liter dan jarak Jakarta-Surabaya melalui Tol Trans-Jawa sekitar 781,8 kilometer, maka biaya bahan bakar yang dikeluarkan sekitar Rp 651.500.

Hal ini mempertimbangkan konsumsi BBM mobil keluarga yang diasumsikan rata-rata adalah sekitar 1:15 kpl.

Dengan total biaya Rp 1.379.000 untuk kendaran dengan empat penumpang, maka rata-rata biaya mudik Jakarta-Surabaya dengan mobil pribadi yang dikeluarkan per orang adalah Rp 344.750.

Perkiraan Biaya Mudik Jakarta-Surabaya dengan Bus

Masih melalui jalur darat, moda transportasi bus juga tak kalah populer di tiap musim mudik karena keterjangkauannya ke daerah-daerah tujuan.

Adapun waktu tempuh dengan bus rute Jakarta-Surabaya yang ditempuh melalui Tol Trans-Jawa berkisar antara 10 jam hingga 11 apabila lalu lintas lancar, dengan mempertimbangkan adanya beberapa titik pemberhentian penumpang.

Berdasar penelusuran melalui situs booking tiket online, tarif bus Jakarta-Surabaya untuk tiap PO memang cukup beragam tergantung kelasnya.

Tarif bus Jakarta-Surabaya diketahui berkisar antara Rp 200.000 untuk bus kelas bisnis hingga Rp 455.000 untuk bus kelas suite.

Perkiraan Biaya Mudik Jakarta-Surabaya dengan Kereta Api

Sama seperti bus, moda transportasi kereta api juga tak kalah populer karena waktu tempuh yang singkat dan sisi kenyamanan.

Adapun waktu tempuh kereta api rute Jakarta-Surabaya berkisar antara 10 hingga 14 jam.

Berdasar penelusuran melalui situs booking.kai.id, tarif kereta api Jakarta-Surabaya mulai dari rute Stasiun Pasar Senen ke Surabaya Gubeng dan rute Stasiun Gambir ke Surabaya Pasar Turi untuk juga cukup beragam tergantung kelasnya.

Tarif kereta api Jakarta-Surabaya diketahui berkisar antara Rp 230.000 untuk KA kelas ekonomi hingga Rp 1.050.000 untuk KA kelas eksekutif (sleeper).

Kesimpulan

Dari perbandingan tarif di tiap moda transportasi rute Jakarta-Surabaya, terlihat bahwa bus memiliki tarif termurah dibanding dengan mobil pribadi maupun kereta api.

Tentunya tarif di atas belum mempertimbangkan biaya lain seperti transportasi dari dan ke terminal atau stasiun, serta berbagai biaya tambahan tergantung kondisi setiap pemudik.

Namun perkiraan biaya ini bisa jadi pertimbangan untuk mempertimbangkan kembali pilihan moda transportasi yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Sumber:
booking.kai.id, www.traveloka.com, regional.kompas.com

https://regional.kompas.com/read/2022/04/13/172302578/cara-mudik-dari-jakarta-ke-surabaya-dengan-kendaraan-pribadi-bus-dan-kereta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke