Salin Artikel

Saat Gibran Tolak Jabatan Presiden Jokowi 3 Periode, Pilih Ikuti Konstitusi

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku menolak atas wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat 3 periode yang hingga kini masih bergulir.

"Semua aspirasi kami tampung, (presiden tiga periode) saya ikuti konstitusi," kata Gibran, saat ditemui di Pasar Legi Kota Solo, pada Selasa (12/4/2022).

Gibran menuturkan, Presiden Jokowi telah menyatakan bahwa pemilihan umum (pemilu) akan tetap digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Kan sudah jelas to, pemilu tidak ditunda, tanggal sudah jelas," kata Gibran.

Gibran menyatakan, pernyataan Jokowi telah sesuai harapannya.

"Sudah tegas, wes ora usah dipermasalahkanke (jangan dipermasalahkan) lagi. Tenang saja," tegas Gibran.

Diberitahukan Kompas.com sebelumnya, wacana perpanjangan masa jabatan presiden terhitung sejak 2019 hingga saat ini, setidaknya telah muncul sebanyak 3 kali.

Jokowi pun telah berulang kali angkat bicara.

Hingga, wacana perpanjangan masa jabatan presiden dimunculkan oleh para kepala dan perangkat desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi).


Presiden Jokowi telah menyampaikan dalam rapat terbatas kabinet di Istana Negara, seluruh tahapan pemilu dan pemilihan kepala daerah (pilkada) akan dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Yang pertama, saya minta disampaikan kepada masyarakat bahwa seluruh tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak itu sudah ditetapkan," kata Presiden Jokowi, dalam keterangan yang dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (10/4/2022).

"Saya kira sudah jelas, sudah tahu bahwa Pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024," tambah dia.

Presiden Jokowi berharap, dengan penegasan tanggal pelaksanaan Pemilu 2024, tidak ada lagi anggapan pemerintah seolah berupaya melakukan penundaan pemilu.

"Ini perlu dijelaskan, jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan pemilu atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan presiden dan juga yang berkaitan dengan soal tiga periode," ujar Jokowi.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/12/123853278/saat-gibran-tolak-jabatan-presiden-jokowi-3-periode-pilih-ikuti-konstitusi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke