Salin Artikel

Sebelum Gugur, Brimob yang Amankan Demo di Kendari Terbentur Pintu Mobil Taktis

KENDARI, KOMPAS.com - Jenazah Ipda Imam Agus Husein, anggota Brimob Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), yang gugur usai pengamanan aksi unjuk rasa mahasiswa di Kendari diberangkat ke kampung halamannya, Selasa (12/4/2022).

Sebelum gugur, Ipda Imam terbentur pintu mobil taktis di bagian dada kiri yang menyebabkan korban sesak napas dan nyeri. 

Jenazah Ipda Imam diberangkatkan ke kampung halaman almarhum yang berada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara.

Upacara pelepasan dan pengantaran jenazah PS Kanit II Subden II Den Gegana satuan Brimob Polda Sultra itu dipimpin langsung Kapolda Sultra Brigjen Pol Teguh Pristiwanto dan dihadiri pejabat utama dan satuan Brimob Polda Sultra di markas Brimob pagi tadi.

Jenazah almarhum selanjutnya diberangkatkan ke terminal kargo Bandara Haluoleo Kendari.

Kepala Bidang Operasi Satuan Brimob Polda Sultra, AKP Asri Dini mengatakan, jenazah Ipda Imam Agus Husein diterbangkan pukul 09.00 Wita dengan menggunakan pesawat Lion Air, ke kampung halamannya di Kabupaten Mandailing Natal.

Asri mengatakan, rute penerbangan jenazah almarhum Imam akan mengalami beberapa kali transit sebelum tiba di rumah duka di Kabupaten Madina, Sumut.

"Dari Kendari akan menuju Makassar, lalu menggunakan pesawat Batik Air menuju Jakarta. Selanjutnya menuju Padang, Sumatera Barat dan akan melalui jalur darat ke Kabupaten Madina. Diperkirakan jenazah akan tiba di rumah duka pukul 16.45 WIB," kata Asri, usai pemberangkatan jenazah.

Pemulangan jenazah Ipda Imam ke kampung halaman, didampingi oleh perwira dari Brimobda Sultra dan pejabat dari Polda Sultra.

Asri menuturkan, bahwa almarhum dikenal sebagai sosok yang ramah kepada siapapun selama bertugas sehari-hari sebagai Perwira Unit Detasemen Gegana Brimobda Sultra.

"Beliau itu orangnya akrab dan ramah dengan siapa saja, dengan anggota. Melaksanakan tugas dengan baik, dalam kegiatan apapun beliau selalu semangat," terang dia.

Asri menambahkan, alumnus Akpol tahun 2022 ini pernah mendapat penugasan pengamanan pada PON di Papua tahun 2021 lalu sebagai Dantim.

Sebelum gugur, Ipda Imam Agus Husein menjalani tugas pengamanan aksi unjuk rasa mahasiswa menolak penundaan Pemilu 2024, perpanjangan jabatan Presiden dan sejumlah kebijakan pemerintah di gedung DPRD Sultra pada Senin (11/4/2022).

Kepala bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sultra Kombes Pol Ferry Walintuka mengatakan, kejadian yang menimpa almarhum berawal pada pukul 15.15 Wita saat bertugas sebagai Panit Escape.

Setelah selesai membubarkan massa bersama Satuan Anti Anarkis pada pukul15.40 Wita, almarhum kembali ke poskotis dengan mengendarai mobil taktis multifungsi lapis baja.

Pada saat tiba di poskotis, korban bermaksud turun dari mobil rantis dengan membuka pintu depan bagian kiri.

Tetapi mobil belum dalam keadaan sepenuhnya berhenti dan pintu kiri menghantam bak mobil truk yang tengah parkir, sehingga pintu mobil rantis berbalik menghantam dada kiri korban.

"Pukul 15.45 Wita korban dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Kendari dalam keadaan sadar, dengan keluhan sesak dan nyeri. Dokter jaga melakukan pemeriksaan dan dilakukan tindakan, pukul 15.50 Wita pasien mulai gelisah, kesadaran mulai menurun, tanda-tanda vital mulai tidak teraba dan kadar oksigen dalam darah mulai turun," kata Ferry.

Kemudian tindakan yang dilakukan dokter yakni memasangan intubasi, oksigen dan rawat observasi ICU.

Namun, pukul 17.30 Wita, dokter menyatakan Ipda Imam meninggal dunia.

"Setelah itu menghubungi keluarga/orangtua korban. Mengusulkan penghargaan kenaikan pangkat anumerta ke Mabes Polri dan menyiapkan upacara persemayaman dan persiapan pemberangkatan ke alamat orangtua di Kabupaten Mandailing Natal, Sumut," tambah Ferry.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/12/120742578/sebelum-gugur-brimob-yang-amankan-demo-di-kendari-terbentur-pintu-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke