Salin Artikel

Razia Warung Makan Saat Puasa di Tasikmalaya, Sebagian Besar Pembeli Pelajar Berseragam

Sedikitnya lima warung makan di Komplek Olahraga, Dadaha, Kota Tasikmalaya, kedapatan melayani pembeli sedang makan siang yang sebagian besar para pelajar berseragam sekolah.

Petugas memberikan peringatan kepada warung makan untuk tak beroperasi siang hari selama Ramadhan untuk menghormati ibadah puasa di daerah yang dikenal sebagai kota santri tersebut.

"Kami menemukan beberapa warung yang masih beroperasi siang hari melayani pembeli. Secara fisik sudah ditutup, tapi di dalam masih ada yang makan, melalui pintu samping, kami temukan di (kawasan) Dadaha banyak," jelas Kepala Bidang Ketertiban Umum, Ketentraman Masyarakat, dan Perlindungan Masyarakat, Satpol PP Kota Tasikmalaya, Budhi Hermawan, Minggu sore.

Budhi menambahkan, pihaknya akan terus mengawasi setiap warung yang masih buka di siang hari tersebut.

Apabila nantinya tetap memaksa buka di siang hari akan ditindak tegas mulai penyegelan sampai sanksi denda.

"Kami memberikan teguran. Kami juga membuat teguran tertulis, agar pemilik membuat pernyataan. Apabila di kemudian hari masih ngeyel, kami akan berikan sanksi tegas secara bertahap. Dimungkinkan saja sanksi penyegelan atau denda, yang paling tinggi itu sanksi denda," tambahnya.

Pihaknya memprediksi warung makan akan nekat buka siang hari semakin ramai menjelang pekan-pekan terakhir Ramadhan.

Mereka nantinya akan buka dengan berbagai alasan dan hal itu akan terus diawasi oleh petugas.

"Kira-kira dalam sepekan ini ada sekitar lima yang kena razia. Karena mungkin masih awal, masih bisa menahan. Biasanya mulai akhir Ramadhan itu banyak yang melanggar aturan dengan alasan aktivitas mulai banyak. Kami akan terus lakukan pengawasan," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/04/10/194155878/razia-warung-makan-saat-puasa-di-tasikmalaya-sebagian-besar-pembeli-pelajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke