Salin Artikel

5 Pencuri di Tambang Freeport yang Ditangkap Ternyata Sudah Beraksi Sejak 2020

KOMPAS.com - Kasat Reskrim Polres Mimika Iptu Berthu Harydika Anwar mengatakan, lima pencuri di tambang freeport yang ditangkap sudah beraksi sejak 2020 silam.

Diketahui, kelima pelaku yakni berinisial RS, BW, PKP, A, dan A.

Kasus tersebut sebelumnya dilaporkan pihak PT Freeport Indonesia ke Polsek Tembagapura pada 19 Februari 2022 lalu. Kemudian, penangannya ke Satuan Reskrim Polres Mimika. 

"Mereka melakukan pencurian di tahun 2020 dan baru ketahuan di tahun 2022," kata Berthu, dikutip dari Tribun Papua, Kamis (7/4/2022).

"Dari lima orang ini, ada tiga orang karyawan kontraktor Freeport, termasuk satu oknum sekuriti dan dua orang lainnya murni karyawan Freeport," sambungnya.

Kronologi tertangkap pelaku

Berthu mengatakan, kelima pelaku ini ditangkap berawal dari salah satu istri pelaku memamerkan harta kekayaannya di TikTok.

Karena curiga, sambungnya, pihaknya kemudian melakukan penyelidikan hingga akhirnya terbongkar kasus tersebut.

"Salah satu istri tersangka mengunggah memiliki rumah, kendaraan, dan harta benda lainnya di kota kelahirannya melalui aplikasi TikTok. Ada ketidakwajaran, di mana suaminya bekerja belum lima tahun, namun sudah kaya sehingga dilaporkan ke pihak manajemen Freeport," ungkapnya.


Saat dilakukan pemeriksaan, kelima pelaku ini mengakui perbuatannya.

Dan saat melakukan aksinya, mereka memiliki peran masing-masing mulai dari perencanaan, menjaga, mengawasi, melakukan pengambilan konsentrat, serta menyerahkan kepada orang lain untuk dijual.

"Jadi mereka ini adalah sindikat karena masing-masing miliki peranan," ujarnya.

Namun, Berthu belum bisa menjelaskan kronologi lengkap. Sebab, pelaku lainnya belum ditangkap.

"Posisi mereka berada di luar Papua," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Istri Pamer Harta, Rupanya Hasil Curian dari Area Tambang Freeport: 5 Orang Ditetapkan Tersangka

https://regional.kompas.com/read/2022/04/09/160315878/5-pencuri-di-tambang-freeport-yang-ditangkap-ternyata-sudah-beraksi-sejak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke