Salin Artikel

Bangkai Paus Sepanjang 12 Meter Terdampar di Sabu Raijua NTT, Warga Akan Gelar Ritual Adat

KUPANG, KOMPAS.com - Warga Desa Wadumaddi, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), menemukan bangkai seekor paus terdampar di perairan setempat.

Kapolres Sabu Raijua AKBP Jakob Seubelan mengatakan, paus itu ditemukan mati terdampar di Pantai Desa Wadumaddi.

"Paus yang mati terdampar di pantai tersebut memiliki panjang sekitar 12 meter," ujar Jakob kepada sejumlah wartawan, Jumat (8/4/2022).

Saat ditemukan, bangkai paus sudah mulai membusuk dan mengeluarkan bau. Diperkirakan, bangkai mamalia laut itu sudah seminggu terdampar dan baru ditemukan.

"Sampai saat ini paus tersebut masih berada di pantai sambil menunggu alat berat," kata Jakob.

Pihaknya langsung mendatangi lokasi usai mendapatkan informasi dari warga. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Perikanan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sabu Raijua.

Jakob mengatakan, rencananya akan dilakukan ritual adat oleh warga setempat dan dilanjutkan penguburan di sekitar pantai guna menghindari pencemaran biota laut.

"Wilayah terdamparnya paus ini di Polsek Hawu Mehara Polres Sabu Raijua sehingga kita turun mengamankan lokasi sekitar pantai," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/08/143504278/bangkai-paus-sepanjang-12-meter-terdampar-di-sabu-raijua-ntt-warga-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke