Salin Artikel

Kemenparekraf Tunjuk Solo Jadi Tuan Rumah Internasional Wellness Tourism Conference and Festival 2022

SOLO, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjuk Solo, Jawa Tengah, sebagai tuan rumah pelaksanaan Internasional Wellness Tourism Conference and Festival (IWTCF) 2022.

Rencananya, perhelatan ini akan diselenggarakan selama dua hari dimulai pada 5 hingga 7 Agustus 2022 di Alila Hotel Solo.

"Pertemuan hari ini dengan Mas Wali (Gibran) membahas tentang rencana pelaksanaan Internasional Wellness Tourism Conference And Festival. Rencananya tanggal 5 sampai 7 Agustus 2022 di Solo sini," kata Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf, Alexander Reyaan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (7/4/2022).

Pemilihan Solo sebagai tempat acara ini karena memiliki kekayaan dan potensi wellness.

"Dipilih Solo karena potensi wellness di Solo Raya memang sangat banyak. Dan berkomitmen Mas Wali dan Pemerintah Kota Solo jadi tuan rumah tempat perhelatan acara ini," ungkap dia.

Ajang beskala internasional ini rencananya akan dihadiri sekitar 400 peserta bisnis wellness baik dari dalam maupun luar negeri.

"Jadi acara itu nanti ada conference, workshop, activation dan bisnis matching antara teman-teman pelaku bisnis wellness dan nanti terakhir ada field trip (karyawisata) ke beberapa di spot-spot wellness," ungkap dia.

Alexander mengatakan akan menghadirkan pelaku wellness dan instruktur selama event IWTCF 2022.

"Kami menggandeng pelaku-pelaku wellness. Kan banyak itu ada spa, yoga, pernapasan, kecantikan. Mereka akan kita libatkan semua dalam event ini. Jadi ada pameran ada bisnis matching antara mereka," ungkap dia.

"Kalau workshop kami akan hadirkan instruktur dengan tema-tema tertentu disebut master class ya. Jadi nanti ada instruktur yoga bagaimana dia belajar atau memberikan pengetahuan tentang yoga dan ahli pernapasan dan sebagainya," sambung dia.


Diakhir acara, peserta akan diajak berkeliling ke spot wellness. Ada tiga kota pilihan yang dapat dikunjungi peserta dalam kegiatan karyawisata yakni Solo, Bali dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Nanti ditawarkan bebas ya yang mau ikut silakan antara Solo, Jogja dan Bali. Jadi mereka tour melihat potensi-potensi wellness di tiga kota itu. Karena ini pilihan maka ditawarkan kepada mereka. Kalau mereka memilih Solo Raya ya dilaksanakan di Solo Raya. Kalau di Jogja ya di Jogja," kata dia.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, Solo memiliki potensi wellness yang dapat disampaikan kepada peserta IWTCF 2022.

"Kan banyak banget untuk aromaterapi, untuk skin care, bahan-bahan tradisional javanese massage dan banyak lagi. Solo yang paling potensial untuk itu," kata dia.

Gibran menambahkan, telah menyiapkan Pura Mangkunegaran Solo sebagai tempat gala dinner peserta IWTCF 2022.

Bahkan, Gibran telah merekomendasikan Rumah Atsiri Indonesia di Karanganyar sebagai tempat wisata belanja bagi para peserta IWTCF 2022.

"Topiknya lebih santai. Tadi, yang saya sudah pastikan untuk dipakai gala dinner ya Pura Mangkunegara. Sekali lagi harus ada wisata belanjanya di Museum Batik atau di tempat-tempat lain kalau waktunya memungkinkan mungkin di rumah Atsiri," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/07/144105478/kemenparekraf-tunjuk-solo-jadi-tuan-rumah-internasional-wellness-tourism

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke