Salin Artikel

Syarat Perjalanan Transportasi Udara Terbaru, Belum Booster Sertakan Surat Bebas Covid-19

Regulasi ini merupakan penyesuaian dari aturan perjalanan sebelumnya dan menyesuaikan dengan SE Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022, yang telah diterbitkan untuk mengantisipasi pergerakan penumpang selama masa mudik Lebaran 2022.

Sekretaris Daerah Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson menerangkan, salah satu poin dalam surat edaran tersebut mengatur tentang update syarat perjalanan domestik dengan transportasi udara atau pesawat.

"Kebijakan itu diambil sebagai upaya pemerintah memastikan pemudik atau pelaku perjalanan terlindungi dari penyebaran Covid-19," kata Harisson kepada wartawan, Rabu (6/4/2022) pagi.

Menurut Harisson, adapun di antara syaratnya adalah pelaku perjalanan yang baru vaksin dosis pertama harus menyertakan surat bebas Covid-19 berdasarkan tes polymerase chain reaction (PCR) yang berlaku 3x24 jam.

Kemudian pelaku perjalanan yang sudah vaksin dosis kedua juga harus menyertakan surat bebas Covid-19, namun bisa menggunakan tes antigen yang berlaku 1x24 jam atau tes PCR yang berlaku 3x24 jam.

"Sedangkan pelaku perjalanan yang telah mendapat vaksin dosis ketiga atau booster, tidak diwajibkan menyertakan hasil tes Covid-19," terang Harisson.

Harisson melanjutkan, untuk enumpang yang tidak dapat divaksin karena kondisi kesehatan khusus, harus menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit lemerintah dan tes Covid-19 berdasarkan PCR yang berlaku 3x24 jam.

Kemudian, anak-anak berusia di bawah 6 tahun dikecualikan dari syarat perjalanan dan dapat melakukan perjalanan dengan pendampingan.

"Aturan ini Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 36 Tahun 2022, berlaku mulai Selasa kemarin," tutup Harisson.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/06/132348778/syarat-perjalanan-transportasi-udara-terbaru-belum-booster-sertakan-surat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke