Salin Artikel

Perjuangan Camat di Pelosok NTT Menekan Stunting, Pantau Langsung dari Rumah ke Rumah

Sebab, Kabupaten Manggarai Timur menjadi salah satu wilayah dengan angka stunting tertinggi di Indonesia.

Kunjungi para orang tua 

Supratman mengakui untuk menekan angka stunting bukan persoalan mudah.

Bahkan dia harus mengunjungi warganya langsung dari rumah ke rumah. Tujuannya, untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan asupan gizi yang baik.

"Saya biasanya duduk berjam-jam di rumah keluarga dengan berdiskusi tentang kesehatan. Saya juga seorang pemain dan pelatih main bola kaki sehingga saya sedikit mengetahui bahwa faktor gizi sangat mempengaruhi pertumbuhan anak-anak," jelasnya melalui sambungan telepon selulernya, Senin, (4/4/2022).

Ketika berkunjung, Supratman mengajak anak-anak memakan sayur-sayuran dan makanan bergizi lainnya.

Menurutnya, salah satu hal yang memotivasi anak-anak tersebut mengonsumsi makanan bergizi adalah agar mereka bisa masuk ke klub bola.

Dia pun mendukung dengan memberikan makanan tambahan dan penyediaan fasilitas kesehatan melalui anggaran desa.

"Saya memiliki strategi anggaran dari desa. Sebab ada beberapa persen dana diperuntukkan untuk kesehatan. Selain itu pemberian Makanan Tambahan (PMT), sayur daun kelor, bubur kacang hijau, sayur kangkung, daging, ikan dan susu," jelasnya.


Ikut awasi pola tidur anak-anak

Supratman menjelaskan, dirinya ikut memantau pola tidur anak-anak di wilayahnya. Sebab, pola tidur menjadi salah satu faktor tak langsung penyebab stunting.

Camat tersebut mencatat semua keluarga yang memiliki handphone. Dia juga berteman dengan para keluarga di wilayahnya di media sosial

Kepada orangtua, Supratman meminta mereka mengawasi anak-anaknya yang bermain game atau media sosial.

"Saya tegaskan pukul 22.00 Wita anak-anak harus sudah tidur. Kalau belum tidur, saya mengontak orangtua untuk mengingatkan apabila anak-anak belum tidur pukul 22.00 Wita," jelasnya.

Petugas medis diterjunkan

Demi menekan angka stunting, Supratman menginstruksikan pegawai bagian Kesejahteraan Rakyat, Ketua Tim PKK, hingga tenaga medis turun ke tiap kampung.

Mereka melaksanakan Posyandu dan menyosialisasikan tentang stunting.

"Saya ingin menekan kasus stunting di wilayah kerjanya. Semua sumber daya manusia dikerahkan untuk menekan kasus stunting tersebut. Saya tidak mau Kecamatan Lamba Leda meningkat terus kasus stunting," jelasnya.

Supratman mengatakan, kasus stunting berkaitan erat dengan asupan gizi, pola makan, dan pola tidur. Adapun stunting dapat diketahui melalui berat badan, tinggi badan, dan usia.

Untuk diketahui bahwa Kabupaten Manggarai Timur masuk kategori kasus stunting tinggi di Indonesia. Bahkan di Provinsi Nusa Tenggara Timur, penanganan stunting di kabupaten ini menjadi sorotan.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/04/085758978/perjuangan-camat-di-pelosok-ntt-menekan-stunting-pantau-langsung-dari-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke