Salin Artikel

Mengenal Tradisi Prajurit Yonif Raider 600 Modang Sebelum Berangkat ke Wilayah Operasi

Salah satu tradisi tersebut ialah mendatangi Tugu Modang yang berlokasi di Desa Modang, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Untuk diketahui, asal usul nama Modang diambil dari nama sungai yang mengalir di Desa Modang. Pemberian nama Modang sendiri berasal dari adanya peristiwa perkelahian antar kelompok sebelum zaman Kerajaan Paser.

Dari peristiwa tersebut korban yang gugur dikubur di dekat sungai. Menurut warga setempat, orang yang dikubur di lokasi tersebut adalah warga dari suku Dayak Modang.

Dari peristiwa tersebut kemudian kawasan ini menjadi pusat perdagangan dan pemerintahan hingga sampai saat ini.

Berdirinya Tugu Modang sebagai media pengingat sejarah peristiwa kelam itu. Hingga kini Tugu Modang menjadi salah satu cagar budaya di daerah Kabupaten Paser.

Tugu ini juga menjadi titik tempat pelaksanaan tradisi para prajurit Yonif Raider 600 Modang Kodam VI Mulawarman sebelum berangkat ke wilayah operasi.

"Ini memang menjadi tradisi kami baik prajurit baru maupun yang akan melaksanakan tugas operasi, kami bersilaturahmi ke masyarakat Modang sekaligus memohon doa restu. Sebab asal nama Modang itu dari sini, Kampung Modang. Dulunya di sini ada masyarakat Suku Modang dan menetap di desa ini," kata Komandan Yonif Raider 600 Modang, Mayor Karuniawan Hanif Arridho.

Para prajurit tidak hanya mengunjungi tugu saja, kedatangan mereka juga membantu masyarakat di Desa Modang untuk memperoleh sumber air bersih.

Sebab warga Desa Modang kesulitan mendapatkan air bersih. Prajurit juga memberikan pengobatan gratis kepada warga yang sakit. Termasuk menggelar doa bersama agar selalu diberi keselamatan dalam bertugas.

"Warga di Desa Modang ini kesulitan air bersih. Mereka biasanya membeli. Disini tidak ada sumur bor, adanya sumur tadah hujan dan airnya kurang baik untuk dikonsumsi. Makanya dengan teknologi yang cukup sederhana, kita berikan air bersih dan sehat untuk dikonsumsi oleh warga Modang. Harapan kita sedikit meringankan beban warga," jelasnya.

Tradisi kunjungi makam pahlawan

Selain mendatangi Tugu Modang, para prajurit yang akan dikirim ke wilayah operasi juga mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) yang berada di Gunung Bakaran, Balikpapan Selatan.

Para prajurit biasanya menggelar apel di lokasi ini dan melakukan tabur bunga serta doa kepada para prajurit yang gugur terlebih dahulu.

"Ini juga menjadi tradisi satuan, kami memohon doa restu disini sebelum berangkat ke wilayah operasi. Sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/02/150456078/mengenal-tradisi-prajurit-yonif-raider-600-modang-sebelum-berangkat-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke