Salin Artikel

Kunjungi Pameran IKM G20 di Solo, Menperin: Kami Ingin Sampaikan ke Dunia Industri Furniture Indonesia Sudah Sustainable

Pameran itu diselenggarakan bersamaan dengan acara Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) 2022 Group of Twenty atau G20.

Agus menyampaikan pameran IKM tersebut sengaja digelar dalam acara tersebut supaya dikenal oleh para delegasi G20.

"Saya dengan Pak Wali mengunjungi pameran furniture di mana sebetulnya yang kami ingin sampaikan, ini bukan pameran terbuka, tapi diperuntukkan peserta G20," kata Agus.

Menurut Agus pesan yang disampaikan dalam pameran tersebut, yakni memberitahukan kepada dunia industri furniture di Indonesia sudah sustainable (berkelanjutan).

"Kami ingin menyampaikan pesan ke dunia bahwa industri furniture di Indonesia sudah sustainable. Tidak ada lagi industri di Indonesia yang bahan bakunya ilegal," ungkap dia.

Agus menambahkan semua bahan baku industri di Indonesia bisa dipertanggungjawabkan.

"Sehingga bisa dibilang semua ini produk berbasis green industry dan sustainable. Ini sebetulnya tujuan kami menyampaikan ke dunia bahwa industri kita sudah sustainable," terang dia.

Agus juga menyebut TIIWG G20 merupakan agenda penting karena di dalamnya membahas tentang kelompok kerja industri dunia.

"Sebagaimana kita ketahui Indonesia memegang presidensi G20 2022. Dan salah satu agenda penting G20 adalah pertemuan di TIIWG. Perlu saya sampaikan bahwa industry working group ini adalah pertama dalam sejarah G20 di mana G20 sebelumnya mengagendakan secara khusus pembahasan mengenai industri," ungkap dia.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan oleh negara G20 berikutnya. Sehingga kelompok kerja industri pertama ini bisa terwujud dengan baik.

"Kami harapkan dengan suksesnya, baik sukses substansi maupun pelaksanaan dari first industrial working group yang dilaksanakan di Solo, ke depan akan bisa dilanjutkan oleh negara berikutnya yang memegang presidensi G20," tandas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/31/202210478/kunjungi-pameran-ikm-g20-di-solo-menperin-kami-ingin-sampaikan-ke-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke