Salin Artikel

21,3 Juta Orang diprediksi Masuk Jateng Saat Mudik Lebaran, Dishub Siapkan Skenario

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro mengatakan, angka pemudik pada tahun ini diperkirakan melonjak dibandingkan dua tahun terakhir.

Dari jumlah tersebut diperkirakan mayoritas pemudik menggunakan kendaraan pribadi roda empat dan roda dua.

"Ini sangat tinggi. Dari angka itu 26,8 persen pakai mobil pribadi, sepeda motor 18,7 persen, pakai bus angkutan umum 16,3 persen, lalu 12,10 persen menggunakan pesawat dan sisanya kapal," kata Henggar kepada wartawan, Rabu (30/3/2022).

Untuk itu, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah skenario guna menghadapi arus mudik Lebaran 2022 di Jawa Tengah.

"Kita akan mendirikan posko terpadu, posko pelayanan, dan pantauan di simpul-simpul transportasi seperti terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan," ujarnya.

Pihaknya berkoordinasi dengan berbagai pihak terutama terkait posko penjagaan di perbatasan antar provinsi dan rekayasa lalu-lintas.

"Kalau jumlah pemudik lalu-lintas tinggi upaya satu arah atau one way kemungkinan akan diambil untuk antisipasi kemacetan," ucapnya.

Sementara, terkait kebijakan syarat vaksin booster bagi pemudik pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari pusat.

"Kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut nanti teknisnya seperti apa. Tapi sudah disiapkan manakala harus diberlakukan," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/31/053800878/21-3-juta-orang-diprediksi-masuk-jateng-saat-mudik-lebaran-dishub-siapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke