Salin Artikel

Ungkap Tekad Praka Wilson Jadi Prajurit TNI, Gubernur NTT: Dia Mendaftar dengan Uang Pinjaman...

Acara pemakaman diawali dengan penyerahan akta kematian dari Lurah Sikumana lalu diikuti  dengan ibadah penguburan yang dipimpin Pendeta Louisa V Koamesah Toelle.

Dalam sambutannya, Viktor Laiskodat mengatakan, Praka Marinir Wilson Anderson Here adalah kebanggaan seluruh masyarakat NTT.

"Dalam suasana kedukaan karena peristwa kepergian almarhum, keluarga Here patut bangga, NTT bangga, Korps Marinir bangga karena Praka Wilson telah mencucurkan darahnya untuk mewujudkan perdamaian di tanah Papua," ujar Viktor di Kupang, Rabu.

Berdasarkan cerita keluarga, kata Viktor, Wilson memang sudah bertekad menjadi prajurit TNI Angkatan Laut (AL).

"Dia mendaftarkan diri sebagai TNI AL dengan uang pinjaman tanpa memberitahukan kepada orangtuanya," ungkap Viktor.

Viktor menyebut, hal itu menunjukkan Wilson menentukan sendiri untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Beliau juga seorang yang peduli dan suka membantu keluarga dan teman. Ia telah mempersembahkan dirinya untuk mempertahankan kedaulatan bangsa," jelasnya.

Viktor pun bangga, karena Praka Wilson ditempatkan dalam medan operasi. Menurutnya, tidak semua anggota TNI mendapatkan kehormatan seperti itu.

"Sebagai Gubernur, saya bangga karena salah satu putera NTT dipercayakan oleh korps Marinir untuk mengambil tugas menjadi orang-orang terdepan untuk mengamankan kedaulatan  bangsa dan negara dari bahaya-bahaya yang ada. Itu kebanggaan yang luar biasa.Tidak semua orang Indonesia memiliki kualitas seperti anak kita yang berani ini," kata Viktor.


Viktor meyakini pengorbanan Prada Wilson tidak akan sia-sia. Menurutnya, tidak ada setetes darah pun yang terbuang percuma.

"Tidak ada darah yang tertumpah secara percuma dari tubuh seorang prajurit sejati yang korbankan dirinya untuk nusa dan bangsa. Kita semua yakin cucuran darah dari para kusuma bangsa yang gugur di Papua, akan melahirkan perdamaian yang tumbuh di tanah Papua untuk kesejahteraan daerah tersebut dan bangsa Indonesia," kata dia.

Sebelumnya, Kontak senjata antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya dengan personel Marinir di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu (26/3/2022) sore.

"Benar ada kontak senjata yang mengakibatkan satu anggota marinir gugur dan dua lainnya kritis akibat GLM (granat) yang dilontarkan KKB," ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakiri, di Mappi, Sabtu (26/3/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/03/30/202540978/ungkap-tekad-praka-wilson-jadi-prajurit-tni-gubernur-ntt-dia-mendaftar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke