Salin Artikel

Seorang Pimpinan KKB di Papua Tewas karena Melawan Saat Ditangkap

JAYAPURA, KOMPAS.com - Satgas Penegakan Hukum Operasi Damai Cartenz berhasil menangkap dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kelurahan Siriwini Kabupaten Nabire, Papua, Selasa (29/03/2022).

Kedua KKB yang dimaksud adalah Toni Tabuni (24) dan Kais Tabuni (25). Toni Tabuni merupakan seorang pimpinan KKB di Nabire.

"Untuk diketahui Toni Tabuni merupakan pimpinan KKB Ndeotadi (Nabire)," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal melalui keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).

Kamal menyebutkan, Toni Tabuni terpaksa dilumpuhkan hingga tewas karena melawan saat ditangkap.

Kamal mengatakan, Toni Tabuni tercatat dalam banyak kasus kejahatan. Ada sembilan laporan polisi yang melibatkan dirinya.

Salah satunya adalah kasus penembakan mantan Kepala BIN Daerah Papua di Beoga, Kabupaten Puncak, pada 25 April 20221.

"Toni Tabuni juga terlibat dalam aksi penembakan terhadap Kabinda Papua yang mengakibatkan Kabinda Papua Letjend (P) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha meninggal dunia," kata Kamal.

Selain itu, Toni Tabuni juga disebut Kamal sering berpindah-pindah dan terlibat dalam berbagai aksi kekerasan bersenjata di Kabupaten Intan Jaya dan Puncak.

"Jenazah tersangka Toni Tabuni telah berada di RSUD Nabire untuk dilakukan visum. Sedangkan untuk tersangka Kais Tabuni masih diamankan di Polres Nabire guna proses penyelidikan lebih lanjut," kata Kamal.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/30/130538478/seorang-pimpinan-kkb-di-papua-tewas-karena-melawan-saat-ditangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke