Salin Artikel

Mesin Rusak, Kapal Penumpang Terombang-ambing di Perairan Wakatobi

Akibatnya, sebanyak 12 orang penumpang dan tujuh orang anak buah kapal (ABK) dievakuasi dari atas kapal menuju dermaga di Wanci. 

“Kami mendapatkan laporan dan atas perintah kepala Basarnas Kendari, untuk melaksanakan operasi dan kami melaksanakan operasi dengan menggunakan perahu RIB,” kata Koordinator Pos SAR Wakatobi, La Ode Muhtasyam, Kamis (24/3/2022). 

Kapal KM Taman Wisata berangkat dari Pulau Kaledupa, Wakatobi, menuju Kendari.

Namun dalam perjalanan, di sekitar perairan Pulau Wanci, kapal mengalami kendala pada mesin yakni selang pompa oli gearbox pecah dan mengalami kebocoran.

“Telah dicoba untuk diperbaiki oleh para ABK. Namun, tidak membuahkan hasil. Beberapa penumpang panik, sehingga salah satu ABK menghubungi pemilik kapal untuk menghubungi Basarnas mengevakuasi penumpang,” ujarnya. 

Tim Pos SAR Wakatobi melakukan operasi penyelamatan dan menemukan kapal yang terombang-ambing di lautan tanpa ada penerangan. 

Tim SAR kemudian mengevakuasi dengan membawa penumpang berserta barangnya untuk naik ke atas perahu RIB milik SAR dan kemudian dibawa ke pelabuhan marina, Wanci. 

Sementara itu enam orang ABK memilih bertahan di atas kapal sambil menunggu bantuan perbaikan mesin dari pemilik kapal.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/25/051920578/mesin-rusak-kapal-penumpang-terombang-ambing-di-perairan-wakatobi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke