Salin Artikel

114 Warga Rohingya Ditampung di Kantor Camat Jangka Bireuen, Belum Ada Keputusan Kapan ke Pekanbaru

BIREUEN, KOMPAS.com – Sebanyak 114 warga Rohingya asal Myanmar kini ditampung sementara di Kantor Camat Jangka, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Sebelumnya, mereka ditampung sementara dalam tenda seadanya di Desa Alue Buya Pasie, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Namun, karena fasilitas tidak memadai ditambah musim hujan, warga lokal meminta pengungsi Rohingya bisa dipindahkan.

Associate Communication Officer UNHCR Indonesia Mitra Suryono berharap, warga Rohingya bisa segera dipindahkan dari Aceh ke Pekanbaru, Riau, sesuai dengan intruksi Kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko PoIhukam) RI.

“Kami berharap agar pemindahan dapat terjadi secepatnya. tapi diskusi dengan pihak otoritas masih berlangsung. Semoga diskusi final dapat segera dipituskan oleh pihak otoritas Indonesia,” sebut Mitra dihubungi Kompas.com via telepon, Rabu (23/3/2022).

Dia menyebutkan, UNHCR dan mitra kerja siap untuk melakukan proses pemindahan apabila sudah ada keputusan akhir.

“Adalah penting bagi pihak otoritas untuk memutuskan ke mana para pengungsi dapat dipindahkan. Kami tidak dapat memindahkan lokasi pengungsi, kecuali ada persetujuan dari pemerintah atau pihak otoritas. Kami akan segera mengikuti instruksi pihak otoritas, apabila arahannya sudah dikeluarkan,” terangnya.

Dia menyebutkan, UNHCR fokus agar pengungsi mendapat tempat bernaung yang baik dan nyaman.

”Prioritas kami adalah kesehatan dan kondisi baik pengungsi, dan kami harap mereka dapat direlokasi ke tempat yang layak untuk jangka yang lebih panjang dan berkelanjutan sesegera mungkin,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, 114 warga Rohingya mendarat di perairan Bireuen. Mereka lalu ditampung sementara oleh warga desa dan kini sudah ditampung di kantor camat.

Belum ada kepastian kapan mereka akan dipindahkan ke Pekanbaru, Riau.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/23/152043378/114-warga-rohingya-ditampung-di-kantor-camat-jangka-bireuen-belum-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke