Salin Artikel

Jajaki Peluang Sister City Bidang Musik, Delegasi Kota Ambon Diundang ke Perancis

Direktur Ambon Music Office (AMO) Rhony Lopies mengatakan, undangan itu akan dimanfaatkan delegasi dari Kota Ambon untuk menjajaki peluang kerja sama antara Metz dan Ambon dalam jaringan kota kreatif dunia, lewat penjajakan secara virtual.

Menurutnya, penjajakan virtual itu diikuti dan dimoderatori langsung oleh Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Prof Ismunandar.

Sementara itu, Pemerintah Kota Metz diwakili Régis Capo Chichi, Head of Institutional Relations and International Relations.

“Peluang kerja sama antara Metz dan Ambon difasilitasi oleh Kedutaan Besar Indonesia di Perancis, karena pemerintah Metz telah lama mendengar perkembangan musik di Ambon terutama tentang program pengembangan musik buat anak-anak, dari jejaring kota musik lainnya,” Rhony Lopies di balai Kota Ambon, (Rabu (23/3/2022).

Dia mengungkapkan, pada acara Youth dan Artistic Conference tahun depan, delegasi Kota Ambon akan mempresentasikan regulasi dan kebijakan Kota Ambon dalam pendidikan dan pengembangan pengajaran musik bagi anak-anak.

Sekaligus membicarakan lebih lanjut tentang kerja sama antara Kota Ambon dan Kota Metz.

Rhony menjelaskan, ada empat poin tawaran kerja sama dari Ambon kepada Metz, yakni membangun kerja sama culture sister city dalam bidang musik antara Metz dan Ambon.

Kemudian, Ambon-Metz virtual series berupa knowledge sharing (talkshow) maupun pertunjukan kolaborasi musik.

“Ini akan berdampak terhadap pelaku ekonomi kreatif, pendidikan dan lingkungan di perkotaan,” katanya.


Selanjutnya, music tourism promotion di Ambon dan Metz, dan yang terakhir saling berkunjung antara Metz dan Ambon untuk memperkuat kolaborasi dan pemahaman program, yang dapat dikembangkan ke program pertukaran dan residensi musisi.

“Kota Metz, pada dasarnya merasa tawaran poin 1, 2 dan 4 sangat mungkin untuk ditindaklanjuti, dan menginginkan agar secara praktikal bisa dilaksanakan. Olehnya, itu pihak Kota Metz menganjurkan agar dapat bertemu langsung untuk dapat membicarakan kerja sama tersebut,” ungkapnya.

Dia menambahkan, selain menawarkan empat poin tawaran kerja sama, dalam penjajakan virtual, pihaknya juga menyampaikan tentang skema musik di Kota Ambon, budaya musik, dan program utama sound of green.

“Serta kurikulum muatan lokal wajib musik Kota Ambon,” sebutnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/03/23/125145678/jajaki-peluang-sister-city-bidang-musik-delegasi-kota-ambon-diundang-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke