Salin Artikel

Ngaku Usahanya Bangkrut, Rentenir Beralih Profesi Jadi Pencuri Spesialis Rumah Kosong

GOWA, KOMPAS.com - Mengaku usahanya bangkrut, seorang rentenir berinisial AH (48) beralih profesi menjadi pencuri spesialis rumah kosong.

Pelaku diringkus polisi yang melakukan pengintaian saat akan kembali beraksi.

Pelaku dibekuk oleh personel Jatanras Polres Gowa di salah satu komplek perumahan di Jalan Macanda, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pada Selasa (22/3/2022).

Saat diringkus, pelaku melakukan perlawanan hingga polisi meminta bantuan warga untuk melumpuhkan pelaku.

Pelaku sendiri telah lama menjadi incaran polisi lantaran aksinya yang terekam CCTV di sejumlah lokasi baik di Kabupaten Gowa maupun di Kota Makassar.

"Dia sempat bertanya ke saya bahwa pemilik rumah ini di mana, jadi saya jawab bahwa kalau siang begini pemiliknya kerja dan saya kira dia adalah tamu pemilik rumah dan tiba-tiba datang seorang polisi langsung todongkan senjata. Di situ baru saya sadar bahwa ternyata dia pencuri," kata Burhanuddin (49), salah seorang warga yang dikonfirmasi Kompas.com pada Rabu (23/3/2022).

Saat diringkus, polisi mengamankan tiga buah laptop dan empat buah ponsel yang disimpan di dalam jok motor pelaku.

Pelaku sendiri baru saja menggasak laptop dan ponsel tersebut di salah satu rumah di Antang, Kecamatan Manggala, Makassar.


Pelaku ini mengaku menjalankan aksinya sejak tahun 2019 silam dengan alasan usahanya bangkrut.

"Tahun 2019 usaha simpan pinjam saya bangkrut dan harus melunasi utang di bank jadi saya mencuri," kata AH.

Dalam menjalankan aksinya, AH menggunakan sepeda motor dan beraksi dengan cara mencungkil rumah korban yang sedang ditinggalkan oleh pemiliknya.

"Tersangka ini memang telah lama kami incar sebab hasil penyelidikan dari puluhan laporan polisi memang mengarah kepada tersangka dan ini didukung oleh rekaman CCTV di berbagai lokasi serta pengakuan tersangka setelah kami interogasi," kata Kanit Jatanras Polres Gowa Ipda Tarmizi, kepada Kompas.com.

Saat ini, AH masih menjalani pemeriksaan secara intensif di Mapolres Gowa guna tujuan pengembangan.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/23/122944878/ngaku-usahanya-bangkrut-rentenir-beralih-profesi-jadi-pencuri-spesialis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke