Salin Artikel

Daftar Gubernur Gorontalo, Mulai dari Gubernur Fadel Muhammad hingga Rusli Habibie

KOMPAS.com - Provinsi Gorontalo merupakan provinsi ke-32 di Indonesia yang lokasinya berada di bagian utara Pulau Sulawesi.

Provinsi Gorontalo adalah hasil pemekaran dari Sulawesi Utara yang terdiri dari wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo.

Statusnya secara resmi disahkan pemerintah pada tanggal 22 Desember tahun 2000 setelah melalui penetapan sidang paripurna DPR RI pada tanggal 5 Desember 2000.

Hal ini juga telah tertuang pada UU No. 38 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Gorontalo.

Pemerintah Provinsi Gorontalo telah resmi menetapkan hari jadi provinsi yaitu tiap tanggal 5 Desember dan disetujui oleh DPRD Provinsi Gorontalo pada sidang paripurna tanggal 19 Agustus 2015.

Daftar Nama Gubernur Gorontalo

Sejarah lahirnya Provinsi Gorontalo juga tak lepas dari ditetapkannya penjabat gubernur pertama, yang kemudian posisinya digantikan oleh gubernur hingga saat ini.

No. Nama Gubernur Masa Jabatan
1. Fadel Muhammad 2001- 2007
2007- 2009
2. Gusnar Ismail 2009- 2012
3. Rusli Habibie 2012- 2017
2017 - Sekarang

Adapun penjabat gubernur yang pernah memimpin 28 Oktober 2016 -12 Mei 2017 adalah:

No. Nama Penjabat Masa Jabatan
1. Tursandi Alwi 16 Februari 2001-10 Desember 2001
2. Zudan Arif Fakrulloh 28 Oktober 2016 -12 Mei 2017

Fakta Menarik Gubernur Gorontalo

Tursandi Alwi

Tursandi Alwi dilantik sebagai penjabat gubernur pertama 28 Oktober 2016 -12 Mei 2017 pada tanggal 16 Februari 2001 yang kemudian sempat ditetapkan sebagai hari jadi provinsi.

Namun kemudian tanggal tersebut diubah menjadi tanggal 5 Desember sesuai waktu penetapan Provinsi Gorontalo oleh sidang paripurna DPR RI.

Fadel Muhammad

Fadel Muhammad merupakan gubernur pertama Provinsi Gorontalo yang menggantikan penjabat gubernur Tursandi Alwi.

Ia terpilih melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pertama di Provinsi Gorontalo yang ditetapkan KPU provinsi melalui SK No 13 tahun 2006.

Selama menjadi gubernur, dia telah berhasil membangun ekonomi daerah Gorontalo dari bawah hingga menembus angka yang sangat signifikan serta mampu berprestasi di tingkat nasional.

Gusnar Ismail

Gusnar Ismail adalah gubernur yang pernah mendapat anugerah Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Penghargaan ini diterima karena Gusnar Ismail dinilai berhasil meningkatkan produksi tanaman pangan komoditi padi dan jagung melalui pemberian bantuan benih padi dan jagung kepada kelompok tani.

Selain itu Gusnar Ismail juga berhasil menjadikan Provinsi Gorontalo sebagai Informasi dan Pusat Pelatihan Jagung dari Hulu sampai Hilir.

Adapun keberadaan Badan Pusat Informasi Jagung (BPIJ) dinilai berhasil dalam menggerakan ekonomi dan ikut berkontribusi terhadap peningkatan produksi dan kualitas jagung Nasional.

Rusli Habibie

Rusli Habibie menjabat selama dua periode sebagai gubernur, setelah sebelumnya menjabat sebagai bupati Gorontalo Utara.

Pembangunan infrastruktur Gorontalo di era kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie mengalami kenaikan sangat signifikan jika dibandingkan tujuh tahun sebelumnya.

Selama masa jabatan Rusli Habibie terdapat beberapa proyek infrastruktur seperti revitalisasi danau Limboto, kelanjutan pembangunan Gorontalo Outer Ring Road (GORR), pembangunan rumah sakit Ainun, dan pembangunan Bendungan Bulango Ulu (BBU).

Sumber:
gorontaloprov.go.id 
antaranews.com 
gorontaloprov.go.id 
gorontaloprov.go.id 

https://regional.kompas.com/read/2022/03/17/224219578/daftar-gubernur-gorontalo-mulai-dari-gubernur-fadel-muhammad-hingga-rusli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke