Salin Artikel

MGPA: 400 Juta Orang Akan Menyaksikan MotoGP Mandalika

Para pebalap telah tiba di Lombok setelah sebelumnya mengikuti parade MotoGP di Jakarta yang dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Direktur Utama MGPA Priandi Satria menyebutkan, balapan MotoGP Mandalika yang digelar pada 18-20 Maret 2022 akan disaksikan lebih dari 400 juta orang.

"Pentingnya ajang balap MotoGP ini bukan hanya dari balapnya, tetapi dari memperkenalkan dan menjual Indonesia di dunia internasional yang akan disaksikan lebih dari 400 juta orang, lebih dari 200 negara, lebih dari 200 TV station,"  kata Priandi saat menghadiri konferensi pers di Mandalika, Kamis (17/3/2022).

Berbagai persiapan telah dilakukan termasuk melakukan pengaspalan ulang di lintasan Sirkuit.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansyur mengatakan, saat ini ITDC sudah menyelesaikan pengaspalan ulang di lintasan Sirkuit.

Pihak ITDC juga telah bertemu langsung dengan official dari FIM dan Dorna.

"Semalam kami sudah mencoba dan tadi malam bilang very good, tapi pembuktiannya adalah sore hari ini mereka akan melakukan homologasi," terang Abdulbar.

ITDC berharap hasil pengaspalan ulang bisa sesuai standar.

"Kita berdoa semua akan sesuai dengan standar sehingga akan memperbaiki atau menyempurnakan catatan apa yang terjadi pada saat pre-season," harap Abdulbar.

Warga antusias

Abdulbar mengatakan, antusiasme masyarakat Indonesia menyaksikan MotoGP cukup tinggi.

Hal ini terbukti dari parade MotoGP di Jakarta yang menyedot perhatian warga.

"Ini pertama kalinya Presiden yang membuka dan beliau berkenan membuka dan melepas balap. Pebalap sangat enjoy, merasa terhormat dan siap tampil nanti hari Sabtu dan Minggu," kata Abdulbar.

Selain itu, tiket nonton MotoGP hari ketiga saat ini sudah ludes terjual. Begitu juga dengan tiket hari kedua yang hingga saat ini penjualannya terus bertambah.

Animo masyarakat untuk membeli tiket MotoGP dinilai cukup tinggi.

"Semua ini bukan hanya untuk balap tetapi untuk country branding, pariwisata dan multiplier effect atau efek turunan," kata Abdulbar.

Abdulbar mengatakan, berdasarkan data Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dampak dari MotoGP ini diperkirakan mencapai Rp 500 miliar untuk satu kali balap yang berasal dari tiket, akomodasi, pesawat dan lain sebagainya.

Berkaca pada WSBK tahun 2021, jumlah okupansi hotel di sekitar Mandalika meningkat mencapai 100 persen dari semula hanya 20 persen sepanjang tahun.

Selain penginapan, camping ground juga menjadi pilihan sebagian penonton yang ingin nikmati suasana pantai.

"Mohon dukungan semua pihak agar kami bisa menyelesaikan balap ini bisa sukses dan mengangkat nama Indonesia dan mendatangkan multiplier effect bagi kemaslahatan masyarakat," ucap Abdulbar.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/17/200428778/mgpa-400-juta-orang-akan-menyaksikan-motogp-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke