Salin Artikel

Tanggul Sungai Gamping di Klaten Jebol Sepanjang 15 Meter, 30 Hektar Sawah dengan Padi Berumur 20 Hari Terendam

Tetapi juga membuat debit air di beberapa sungai meningkat. Bahkan, luapan air sungai masuk ke permukiman warga.

Berdasarkan pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten untuk luapan air masuk ke permukiman terjadi di tiga kecamatan, yakni Sungai Blora di wilayah Kecamatan Karangdowo meluap dan air masuk ke sebagian wilayah pemukiman warga di Desa Kupang.

Kemudian sungai di Desa Jetis, Kecamatan Juwiring meluap dan menggenangi wilayah pemukiman warga.

Lalu Sungai Dengkeng di wilayah Desa Talang, Kecamatan Bayat meluap dan menggenangi wilayah Dukuh Talang Wetan dan jalan kurang lebih 50 sentimeter.

"Setelah empat jam telah surut secara signifikan, dan pagi ini warga telah bergotong-royong membersihkan jalan-jalan di desa tersebut dari sisa banjir atau genangan," kata Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sri Winoto dikonfirmasi, Kamis (17/3/2022).

Dia juga menyampaikan hujan berlangsung sekitar tiga jam tersebut membuat tanggul Sungai Gamping di Desa Karangasem Kecamatan Cawas jebol sepanjang 15 meter.

"Akibatnya 30 hektar sawah dengan tanaman padi yang rata-rata berumur 20 hari terendam air," ungkap dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa Karangasem, Camat Cawas dan kepolisian/TNI akan dilakukan penanganan tanggul jebol.

Tanggul jebol Sungai Gamping akan dipasangi bronjong kawat san batu kali untuk mengantisipasipasi agar air tidak masuk ke area persawahan.

"Hasil koordinasi kami dengan Kades Karangasem, Camat Cawas, Kapolsek dan Petugas BBWS untuk penanganan tanggul jebol Kali Gamping akan dipasang bronjong kawat dan batu kali," kata Sri Winoto.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/17/105934478/tanggul-sungai-gamping-di-klaten-jebol-sepanjang-15-meter-30-hektar-sawah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke