Salin Artikel

Selain F1, 8 Kejuaraan Balap Internasional Lain Juga Digadang-gadang Akan Digelar di Sirkuit Bintan

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Sirkuit bertaraf Internasional di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepualauan Riau (Kepri) akan digunakan sebagai lokasi olahraga dunia Formula 1 (F1).

Selain F1, ada delapan kejuaraan balap otomotif tingkat dunia lain yang digadang-gadang akan dilaksanakan di sana.

Kejuaraan itu yakni FIA (Fédération Internationale de l'Automobile)  World Endurance Championship category 2 & F1 (T), V8 Supercars category 3 to 6 circuit, FIA European Dragracing category A to C circuit, Nascar Oval, FIM Grades 1-5, FIM Speedway, FIA Nascar Oval dan World Rally Championship.

"Ini event internasional yang akan dilaksanakan, jika sirkuit jadi," kata Kadis Kominfo Provinsi Kepri, Hasan, yang diwawancarai jelang penandatangan nota kesepahaman dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Gallant Venture Ltd selaku investor pembangunan sirkuit Internasional Bintan, Kamis (16/3/2022) pagi.

Hasan mengatakan, dengan adanya sirkuit serta kegiatan-kegiatan Internasional di dalamnya, akan dapat mendongkrak sektor wisata Kepri yang sempat mati suri.

Menurutnya, diprediksi, setiap event dapat mendatangkan sekitar 70.000-100.000 wisatawan.

"Efek kehadiran sirkuit ini adalah untuk masyarakat. Tinggal bagaimana Pemprov bersama kabupaten/kota mengemas hasil keunggulan produk daerah dapat dinikmati wisatawan," ujar Hasan.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan Term of Reference (TOR) atau kerangka acuan pembangunan, sirkuit ini akan berada di kawasan wisata Lagoi, Kabupaten Bintan.

Dua lokasi beserta rancangan awal telah dipersiapkan.

Sirkuit ini akan terletak di dalam kawasan wisata Lagoi Bintan Resort dengan luas lahan sekitar 70 hektar.

Nantinya, sirkuit di Bintan akan mirip dengan sirkuit Mandalika yang disertai bentangan alam indah di tepi pantai berpasir putih.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/17/093322378/selain-f1-8-kejuaraan-balap-internasional-lain-juga-digadang-gadang-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke