Salin Artikel

Fakta di Balik Insiden Oknum Satgas TNI Tembak Rekannya dan Anggota Brimob hingga Tewas

KOMPAS.com - Oknum Satgas TNI BKO Batalion Arhanud 11/Wira Bhuana Yudha berinisial Pratu R tembak rekannya dan seorang anggota Brimob Batalion B Pelopor Polda Maluku dengan senjata laras panjang jenis SS2P2

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (16/3/2022) dini hari usai Pratu R menemui komandannya untuk izin menjenguk orangtua yang sakit di kampung halaman.

Kepala Penerangan Kodam XVI Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogi Choiraul Fajar mengungkapkan, Pratu R diduga alami depresi.

Usai kejadian itu, Pratu R segera ditahan dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Sub Denpom Masohi, Kabupaten Maluku Tengah.

"Pelaku saat ini berada di Sub Denpom Masohi dalam proses penyelidikan pemeriksaan kesehatan jiwanya karena diduga mengalami depresi akut sehingga melakukan tindakan yang mestinya tidak dilakukan," tutur Adi, Rabu (16/3/2022).

Kabur dan sembunyi di rumah warga

Setelah itu, Pratu R diketahui kabur dan bersembunyi di rumah warga. Petugas kepolisian segera melakukan penangkapan dan menyerangkan Pratu R ke anggota Denpom.

"Pascakejadian penembakan itu si pelaku melarikan diri ke tempat masyarakat (rumah warga)," ujar Kepala Satuan Brimob Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Guntur.

Lalu, lanjut Guntur, dirinya segera pergi ke Markas Batalion B di Kabupaten Maluku Tengah untuk menenangkan anggotanya.

Guntur meminta anak buahnya menahan diri dan tidak mengambil langkah yang dapat memperkeruh suasana.

“Ya tentunya imbauan saya untuk anggota Brimob khususnya anggota Brimob Polda Maluku untuk menahan diri. Intinya kita tidak ingin kejadian ini berkepanjangan,” katanya.

“Bahwa insiden ini bisa terjadi kepada siapa pun dan dimana pun seperti juga bisa terjadi kepada rekan-rekan yang lain seperti rekan TNI juga masyarakat, kejadian semalam ini anggota yang melintas kalau masyarakat yang melintas mungkin juga jadi korban,” ujar dia.

Tewas di tempat

Sepreti diberitakan sebelumnya, Bharaka FA ditembak saat melintas di depan pos dengan sepeda motor. Bharaka FA dikabarkan tewas di lokasi kejadian.

Sementara, anggota TNI yang ditembak Pratu R dalam kondisi kritis dan sedang jalani perawatan.

Selain itu, Pratu R juga sempat mencoba menembak komandannya, namun meleset.

(Penulis : Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty | Editor : Dheri Agriesta, Pythag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2022/03/17/063624678/fakta-di-balik-insiden-oknum-satgas-tni-tembak-rekannya-dan-anggota-brimob

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke