Salin Artikel

6 Fakta Cianjur, Daerah Berjuluk Kota Santri yang Terkenal dengan Pencak Silat

KOMPAS.com - Kabupaten Cianjur merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.

Cianjur memiliki luas wilayah 350.148 km2 dengan jumlah kecamatan sebanyak 32 kecamatan.

Wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Purwakarta di sebelah utara, Kabupaten Sukabumi di sebelah barat, Samudra Indonesia di sebelah selatan, dan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut di sebelah timur.

Cianjur juga dikenal dengan ngaos, mamaos, dan maenpo. Ngaos adalah tradisi mengaji, mamaos merupakan seni budaya yang tercermin dalam Tembang Sunda Cianjuran, dan maenpo adalah seni bela diri.

Fakta Menarik Kabupaten Cianjur

Berikut beberapa fakta menarik Kabupaten Cianjur:

1. Cianjur Berjuluk Kota Santri

Cianjur berjuluk Kota Santri tidak terlepas dari tradisi mengaji atau ngaos di wilayah itu.

Citra sebagai daerah agamis telah dirintis sejak 1677. Dimana saat itu, wilayah Cianjur dibangun oleh para ulama dan santri tempo dulu yang gemar mengembangkan syiar Islam.

Bahkan ditengok dari perjuangan di wilayah ini, terutama sebelum masa kemerdekaan, kekuatan perjuangan itu tumbuh dari pondok-pondok pesantren.

Saat itu, para pejuang meminta restu dari para kyai sebelum berangkat ke medan perang. Mereka baru merasa lengkap berangkat ke medan juang setelah mendapatkan restu dari kyai.

2. Jumlah Penduduk Kabupaten Cianjur 2021

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cianjur, jumlah penduduk Kabupaten Cianjur pada pertengahan 2021 yaitu 2.387.741 jiwa

Jumlah total penduduk tersebut terdiri dari, penduduk berjenis kelamin perempuan sebanyak 1.163.160 jiwa dan penduduk laki-laki sebanyak 1.224.581 jiwa.

3. Cianjur Dikenal Seni Bela Diri Pencak Silat

Maenpo sebagai salah satu unsur yang membuat Cianjur dikenal merupakan seni bela diri yang sekarang dikenal dengan Pencak Silat.

Sejak dahulu, Cianjur dikenal dengan Seni Bela Diri Pencak Silat yang menghasilkan berbagai aliran terkenal, seperti Cikalong, Cimande, dan Sabandar.

Sampai akhirnya, Cianjur melahirkan sejumlah tokoh silat, seperti Muhammad Kosim yang dikenal dengan Mama Sabandar berasal dari Kampung Sabandar Karang Tengah Cianjur.

Mama Sabandar terkenal dengan kemahirannya mengeluarkan tenaga yang dikenal dengan nama Liliwatan.

Dalam perkembangannya, Pencak Silat juga menghasilkan aliran-aliran baru, seperti aliran Cikaret, Bojongherang dan lain-lain.

4. Tembang Sunda Cianjuran

Tembang Sunda Cianjuran tidak lain terkait dengan Cianjur yang dikenal sebagai mamaos. Mamaos yaitu pencerminan kehidupan budaya daerah dimana seni mamaos Tembang Sunda Cianjuran berbibit buit (berasal dari) tatar Cianjur.

Tembang Sunda Cianjuran adalah seni suara Sunda yang menggunakan seperangkat instrumen musik pengiring yang terdiri dari kecapi indung, kecapi rincik, suling, dan rebab.

Sedangkan yang melatar belakangi munculnya Tembang Sunda Cianjuran adalah seni Pantun Pajaran pada abad ke -14.

5. Kabupaten Cianjur Lokasi Kebun Raya Cibodas

Dari segi pariwisata, Kabupaten Cianjur didukung dengan keberadan Kebun Raya Cibodas yang menjadi primadona di daerah ini. Kebun raya ini merupakan tempat nyaman untuk menikmati berbagai tumbuhan yang berasal dari Indonesia dan luar negeri.

Istana Kepresidenan Cipanas juga terletak di Kabupaten Cianjur. Bangunan ini berada di jalur Jalan Raya Jakarta dan Bandung arah Puncak.

Dari Jakarta, Istana Kepresidenan Cipanas berjarak sekitar 103 kilometer, sedangkan dari Kota Kabupaten Cianjur berjarak 20 kilometer.

Potensi pariwisata lainnya Gunung Gede Pangrango yang menjadi tujuan wisata populer dan laboratorium alam.

6. Kabupaten Cianjur Dikenal Penghasil Beras

Beras pandanwangi merupakan beras asli Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Beras unggulan khas Cianjur ini memiliki ciri yang berbeda dengan varietas lain.

Beras pandanwangi memiliki bau yang harum dengan fisik yang berbentuk bulat serta ada titik putih di bagian tengahnya.

Bahkan di Indonesia, beras jenis ini hanya ada di Kabupaten Cianjur. Beras lain yang mirip dengan beras Cianjur adalah beras yang terdapat di Siberia.

Letak geografis yang mengandung organik tinggi diyakini menjadi lahan yang baik untuk menghasilkan beras yang berkualitas.

Sumber: jabarprov.go.id, simparda.cianjurkab.go.id, dpmptsp.cianjurkab.go.id, http://distan.jabarprov.go.id/di

https://regional.kompas.com/read/2022/03/16/153932178/6-fakta-cianjur-daerah-berjuluk-kota-santri-yang-terkenal-dengan-pencak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke