Salin Artikel

Mengenal Kabupaten Yahukimo Papua, Diberi Nama dari Empat Suku

Dalam insiden tersebut dua orang tewas tertembak, yakni Yakob Dell (30) dan Esron Wipea (22).

Sementara dua orang lainnya yakni Itos Hitlay dan Luki Kobak mengalami luka tembak di kaki. Selain itu satu polisi, Briptu Muhammad Aldi terluka di kebagian kepala.

Mengenal Yahukimo

Kabupaten Yahukimo berada di ketinggian 100-3.000 meter di atas permukaan laut. Dikutip dari penghubung.papua.go.id, daerah yang memiliki luas wilayah 17.152 Km2 itu memiliki ibu kota di Distrik Dekai.

Nama Yahukimo berasal dari nama empat suku yang bermukim di daerah tersebut yaitu Suku Yali, Hubla, Kimyal dan Momuna.

Batas wilayah Kabupaten Yahukimo yaitu sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Keerom.

Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Asmat. Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pegunungan Bintang dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Nduga.

Pada tahun 2006, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Yahukimo Nomor 05 Tahun 2006, Kabupaten Yahukimo dimekarkan menjadi 51 distrik, 1 kelurahan dan 517 kampung.

Distrik Kurima merupakan distrik dengan wilayah terluas di Yahukimo yaitu 605 km2. Sedangkan distrik terkecil adalah Distrik Duram dengan luas 100 km2.

Distrik dengan jumlah kampung terbanyak adalah Distrik Kurima yaitu sebanyak 22 kampung. Sedangkan Distrik Yahuliambut, Kona dan Dirwemna adalah distrik yang memiliki jumlah kampung paling sedikit yaitu masing-masing sebanyak lima kampung.

Suku-suku yang terdapat di Kabupaten Yahukimo adalah Suku Yali, Hupla, Kimyal, Momuna, Una-Ukam, Mek, Yalimek, Ngalik, Tokuni, Obini, Karowai, Duwe, Obukain, Kopkaka dan Bese.

Transportasi yang menghubungkan Kabupaten Yahukimo baik antar wilayah kecamatan maupun antar kabupaten di Provinsi Papua adalah melalui transportasi udara.

Secara keseluruhan, hampir semua kecamatan di Kabupaten Yahukimo mempunyai landasan pesawat terbang.

Sebanyak 46 persen dalam kondisi baik dan bisa digunakan, sedangkan sisanya 54 persen kondisi rusak sehingga tidak bisa digunakan.

Kabupaten Yahukimo mempunyai satu pelabuhan yaitu Pelabuhan Logpon.

Pelabuhan Logpon adalah pelabuhan sungai yang menghubungkan kapal-kapal dari kabupaten lain seperti Kabupaten Mimika dan Kabupaten Asmat.

Sumber air yang melimpah di Kabupaten Yahukimo dimanfaatkan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTM) di beberapa distrik dan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di ibukota kabupaten, untuk itu Pemerintah Kabupaten Yahukimo bekerjasama dengan PLN.

Populasi ternak di Kabupaten Yahukimo pada tahun 2015 terdapat sapi potong sebanyak 130 ekor, kambing sebanyak 105 ekor, babi sebanyak 101.800 ekor, ayam buras sebanyak 39.990 ekor, itik sebanyak 326 ekor dan kelinci sebanyak 1.130 ekor.

Ekonomi Yahukimo ditopang oleh pertanian, terutama tanaman pangan. Kecuai Distrik Suru-Suru, padi memang belum menyebar ke daerah daerah lain.

Berdasarkan survei dinas pertanian setempat, sejumlah daerah di selatan Yahukimo seperti Pos Perwakilan Obio, Dekai, Sumo dan Seradala bisa dikembangkan untuk padi itu.

Bersama pertanian padi, ada juga perikanan air tawar.

Hutan Yahukimo pun menghasilkan komoditas seperti kelapa hutan, buah merah, pohon kasuari, kulit kayu lawang, gaharu dan rotan.

Buah merah adalah buah pandan bernilai gizi tinggi yang berkhasiat bagi kesehatan.

Sedangkan kelapa hutan kebanyakan tumbuh di hutan-hutan dataran tinggi namun belum banyak dibudidayakan masyarakat.

Kelapa hutan dan buah merah banyak terdapat di Kurima, Anggruk, Ninia, Soba, Samenage, Musaik, Kosarek, Silimo, Suru-suru, Obio, Dekai dan Panggema.

Dua tanaman ini diharapkan bisa menjadi komoditas pada kawasan Hutan Cadangan Pangan dan hutan kemasyarakatan. Daerah-daerah tersebut juga cukup subur untuk tanaman seperti kopi, kelapa sawit, kelapa dalam, kakao, dan vanili.

Dengan letaknya yang berada di punggung pegunungan Jayawijaya, daerah Yahukimo berpotensi menyimpan kandungan minyak bumi, batu bara dan batu gamping.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/16/133800978/mengenal-kabupaten-yahukimo-papua-diberi-nama-dari-empat-suku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke