Salin Artikel

Pipa Minyak Bocor di Blora, Ini yang Dilakukan Pertamina

BLORA, KOMPAS.com - Pipa minyak Pertamina yang bocor di Desa Pojokwatu, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, cukup menarik perhatian masyarakat.

Mereka mengambil minyak tersebut dari selokan untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam jerigen.

Mengetahui adanya kebocoran pipa tersebut, Pertamina EP (PEP) Cepu Field melakukan upaya cepat dalam penanganan ceceran minyak yang terjadi pada Selasa (15/3/2022) kemarin.

Sesaat setelah diketahui adanya ceceran minyak, tim PEP Cepu Field langsung melakukan penghentian pemompaan dan penyetopan valve pada jalur pipa MOS Menggung sehingga aliran saat ini sudah dapat dihentikan.

Sesuai dengan Standar Operating Prosedur (SOP) untuk pengamanan lokasi, PEP Cepu memasang safety line dan melakukan pula penyekatan drainase serta anak sungai.

Field Manager PEP Cepu Field, Agung Wibowo mengatakan, upaya penyekatan tersebut dilakukan untuk meminimalkan fluida mengalir ke tempat lain dan terkumpul, sehingga akan memudahkan penyedotan menggunakan vacuum truck dan pembersihan area. 

Tim PEP Cepu Field juga melakukan perbaikan pada pipa sumber ceceran dengan pemasangan klem. 

“Tim berusaha bekerja cepat dan sebaik mungkin serta akan memastikan tidak ada lagi rembesan atau ceceran fluida. Saat ini kondisi aman terkendali,” ujar Agung, melalui keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (16/3/2022).

Dalam melakukan penanganan insiden, PEP Cepu Field melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dan selalu mengedepankan aspek keselamatan manusia dan lingkungan. 


Sekadar diketahui, sejumlah warga di Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora mengambil minyak mentah yang mengalir di selokan.

Diduga minyak mentah yang diambil warga tersebut karena adanya kebocoran pipa milik Pertamina yang bocor.

Salah seorang warga, Rahmat mengatakan tahu adanya kebocoran minyak saat akan mengisi bensin di SPBU Sambong pada sore hari.

"Saat itu saya hendak membeli bensin di Pom Sambong. Tiba-tiba mencium bau minyak. Setelah saya cek di selokan ternyata air selokan berwarna hitam bercampur minyak," ujar Rahmat saat dihubungi, Selasa (15/3/2022).

Warga yang mengetahui adanya kebocoran pipa minyak kemudian mendatangi lokasi sambil membawa jerigen untuk mengambil minyak mentah tersebut.

Mereka juga menyaring minyak bercampur air dengan peralatan seadanya seperti kaleng dan botol air mineral.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/16/075251878/pipa-minyak-bocor-di-blora-ini-yang-dilakukan-pertamina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke