Salin Artikel

Demo Tolak DOB di Yahukimo Tewaskan 2 Orang, Polda Papua Kirim BKO dan Propam

Akibatnya, dua orang demonstran tewas dan dua orang lainnya terluka.

Selain itu, satu anggota polisi mengalami luka pada bagian kepala.

Kirim personel

Menyikapi kejadian tersebut, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakiri memastikan akan segera mengirim bantuan personel dari Brimob Kotaraja dan Tim Propam.

"Besok (16/3/2022) dua peleton Brimob Kotaraja dan Dirpropam Polda Papua akan saya kirim ke Dekai," ujarnya di Jayapura, Selasa.

Iya meyakini personelnya telah menjalankan protap saat berusaha menangani aksi massa yang melakukan perusakan dan pembakaran Rumah Kios (Ruko).

Namun untuk memastikan hal tersebut, maka Fakiri pun mengirim Propam Polda Papua untuk melakukan pendalaman.

"Saya mengirim para pejabat (Dirpropam Polda Papua) untuk melihat apakah SOP yang dilakukan oleh polres setempat sudah sesuai dengan SOP yang ada di Polri dalam penggunaan kekuatan termasuk langkah-langkah penanganan lain," kata Kapolda.


Berakhir ricuh

Kapolda juga telah memerintahkan Kapolres Yahukimo untuk membangun komunikasi dengan Forkompinda setempat untuk mengatasi masalah di Yahukimo.

Diberitakan sebelumnya, aksi demonstrasi damai ribuan massa yang menolak pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, berakhir rusuh, Selasa (15/3/2022).

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakiri menjelaskan, massa yang membubarkan diri, tiba-tiba melakukan aksi perusakan dan pembakaran rumah kios (ruko).

Selain itu massa pun menyerang personel kepolisian yang berada di sekitar lokasi kejadian.

"Pelaksanaan orasi berjalan lancar, namun saat selesai melaksanakan orasi inilah yg terjadi gesekan dari masyarakat sendiri dan ditambah ada yang provokasi sehingga masyarakat lain melakukan aksi-aksi terhadap bangunan ruko yang ada di sekitar kantor Kominfo," ujarnya di Jayapura, Selasa (15/3/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/03/15/170203378/demo-tolak-dob-di-yahukimo-tewaskan-2-orang-polda-papua-kirim-bko-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke