Salin Artikel

Presiden Jokowi, Bagaimana Rasanya Berkemah di IKN Nusantara?

Lewat unggahannya di akun Instagram pada Selasa (15/3/2022), Jokowi mengatakan bahwa cuaca di IKN cerah dan udaranya sejuk.

"Selamat pagi. Bagaimana rasanya bermalam di lokasi Ibu Kota Nusantara? Udara sejuk dan cuaca cerah tadi malam. Bulan menjelang purnama pun sampai terlihat dari sela pepohonan," ujar Jokowi, lewat unggahannya.

Jokowi juga membagikan cerita saat dirinya keluar dari tenda pada malam hari.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo serta sejumlah menteri yang ikut berkemah juga ikut menikmati udara malam IKN.

"Sekitar pukul sepuluh, saya keluar dari tenda. Pak Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI yang tendanya tak jauh dari, saya rupanya juga sedang di luar. Penghuni tenda-tenda lainnya, para menteri pun nimbrung," ujar Jokowi.

"Jadilah kami berbincang santai di bawah langit IKN yang cerah. Menjelang tengah malam, kami kembali ke tenda masing-masing untuk beristirahat," tulis Jokowi.

Seperti diketahui, Jokowi, rombongan menteri dan sejumlah pejabat negara menginap di IKN, Sepaku, usai sejumlah kegiatan termasuk proses penyatuan tanah dan air yang dibawa gubernur dari 34 provinsi di Indonesia, Senin (14/3/2022).

Awalnya, para gubernur yang menghadiri undangan hendak menginap di lokasi IKN Nusantara di Sepaku.

Namun, rencana itu batal karena kondisi lapangan dan sarana yang terbatas

"Karena sarana yang terbatas. Air, tenda, dan lahan yang tidak rata. Sehingga terbatas yang bisa dibangunkan tenda," ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, saat dikonfirmasi pada Senin siang. 


Dilihat dari unggahan Instagram Story Kepala Bappenas Suharso Monoarfa @suharsomonoarfa, di dalam tenda yang digunakan, tampak kasur busa dengan seprai warna putih yang dilengkapi sepasang bantal dan guling.

Selain itu, terdapat meja kecil yang di atasnya dilengkapi berbagai makanan ringan.

Kasetpres Heru Budi Hartono menuturkan, selain shower dan toilet duduk, tidak ada lagi fasilitas tambahan di kamar mandi lokasi kemah presiden dan para menteri.

Hanya ada enam kamar mandi yang disediakan untuk 30 orang yang berkemah di IKN. 

Heru mengatakan, tak ada suguhan istimewa selama Jokowi berkemah. Bahkan, mi instan menjadi salah satu menu untuk hidangan presiden dan para menteri. (Editor : Fitria Chusna Farisa)

https://regional.kompas.com/read/2022/03/15/084130778/presiden-jokowi-bagaimana-rasanya-berkemah-di-ikn-nusantara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke