Salin Artikel

Puluhan Kru dan Pebalap MotoGP Mandalika Mulai Berdatangan di Bandara Lombok

Stakeholder Relation Manager Bandara Lombok Arif Haryanto menyebutkan kedatangan para kru tersebut menggunakan pesawat Garuda dan tiba di BIL sekitar pukul 20.00 Wita.

"Untuk tadi Minggu malam, telah tiba kru ofisial MotoGP 2022 di Bandara Lombok menggunakan penerbangan tambahan Garuda Indonesia nomor penerbangan GA4320 yang mendarat tepat pukul 20.42 Wita," kata Arif saat dihubungi, Senin (14/3/2022).

Disambut Gendang Beleq

Arif mengemukakan, sekitar 60 kru yang datang menggunakan pesawat tersebut disambut oleh alat musik tradisional Lombok Gendang Beleq.

"Sekitar 64 penumpang, para pebalap disambut gendang Beleq, yang diagendakan Dinas Pariwisata NTB," kata Arif.

Kadis Pariwisata NTB Yusron Hadi menyebutkan, makna penyambutan dengan Gendang Beleq tersebut untuk memberikan penghargaan dan semangat ke pada kru yang menginjakan kaki di tanah Lombok.

"Ini bentuk apresiasi kita kepada para kru dan pembalap yang kan berlaga di sirkuit Mandalika, kita sambut dengan musik tradisional  Gendang Beleq akan memacu semangat mereka," kata Yusron, Senin (14/3/2022).

Tak hanya Gendang Beleq, pihaknya juga menyambut para kru dengan mengalungkan selendang di pundak, dan memasang ikat kepala.

"Kita juga sambut mereka juga dengan mengenakan selendang, ikat kepala juga kita kenakan, dan mereka merasa bangga, bahkan sampai berfoto-foto setelah mengenakannya," kata Yusron.


Yusron menjelaskan terkait protokol kesehatan Covid19, para kru tersebut sudah berstatus sama menjadi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN), karena sebelum berangkat ke Indonesia sudah dilakukan tes PCR negatif.

"Mereka statusnya sudah sama seperti PPDN sekarang, sebelum ke sini (Lombok) mereka sudah di-PCR," kata Yusron.

Para kru dan ofisial tersebut menginap di sejumlah hotel yang berada di Kuta Mandalika, Lombok Tengah.

Yusron mengatakan bahwa para pebalap dan kru akan terus berdatangan melalui BIL sampai tanggal 16 Maret 2022 mendatang.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/14/173100478/puluhan-kru-dan-pebalap-motogp-mandalika-mulai-berdatangan-di-bandara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke