Salin Artikel

Bertemu Jokowi di IKN Nusantara, Khofifah Bawa Air dari Tujuh Sumber Bumi Majapahit

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan membawa tanah kedaton atau kerajaan dan air dari sumber mata air Banyu Panguripan di Desa Pakis, Kabupaten Mojokerto, ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Tanah dan air itu akan dibawa saat acara kemah bersama Persiden Joko Widodo di IKN.

"Tanah dan air ini akan dibawa pada agenda kemah bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di IKN, pada 13- 14 Maret 2022," ujar Khofifah dalam siaran pers diterima di Surabaya, Sabtu (12/3) malam.

Sementara itu, dilansir dari akun Instagram milik Pemerintah Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim), pemprov_kaltim, Khofifah menyebut bahwa air yang dibawa ke IKN berasal dari tujuh sumber mata air, antara lain Panguripan, Jalatunda, Brantas hingga kawasan lainnya.

Air dan tanah itu nantinya akan disatukan dengan air dan tanah dari 33 provinsi di Indonesia.

"Kami bawa air dan tanah dari keraton barat dan timur Mojopahit, Kedaton dan Gumitir," ucap Khofifah usai menerima pengalungan manik oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Puguh Harjanto

Nilai dan makna air dan tanah Bumi Majapahit

Dilansir dari Antara, Khofifah menjelaskan, air dan tanah dari Bumi Majapahit ini memiliki nilai sejarah yang cukup besar.

Salah satunya terkait erat dalam perjuangan Mahapatih Gajahmada dalam mempersatukan Nusantara.

"Di mana Nusantara merupakan bagian dari Sumpah Palapa yang diikrarkan oleh Mahapatih Gajahmada," ucap dia.

Menurut dia, dari berbagai referensi disampaikan bahwa "nusa" mengandung arti pulau kemudian "antara" artinya luar.

Jika disimpulkan, menurut Khofifah, menjadi sebaran dari pulau-pulau yang berjumlah banyak, namun bisa dipersatukan oleh Kerajaan Majapahit.


Prosesi diiringi doa

Pada saat prosesi pengambilan air sumur di Sumur Upas Gubernur Khofifah mengambil air yang kemudian diletakkan di gentong berisi air serta siwur di atas bibir Sumur Kedaton yang selanjutnya diisikan ke dalam kendi.

Gubernur Khofifah menuju tempat prosesi pengambilan tanah berjarak 10 meter dari tempat pengambilan air di Kecamatan Trowulan itu.

Seluruh prosesi pengambilan air dan tanah tersebut diawali dengan pembacaan doa dari penjaga situs maupun candi.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/13/190249878/bertemu-jokowi-di-ikn-nusantara-khofifah-bawa-air-dari-tujuh-sumber-bumi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke