Salin Artikel

Gunakan Jet Pribadi, Gubernur NTT dan NTB Bawa Air dan Tanah ke IKN Nusantara

Untuk membawa tanah dan air yang diambil dari tujuh kabupaten di NTT, Viktor menggunakan pesawat pribadinya berjenis Legacy Embraer,

Tanah dan air yang dibawa nantinya akan disatukan bersama tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia.

Di terminal VVIP Bandara El Tari Kupang, Viktor membawa tanah dan wakil gubernur membawa air yang telah disimpan di dalam wadah tradisional.

Tak hanya sendirian, Viktor juga didampingi Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah.

"Air dibawa oleh bapak wakil gubernur, tanah dibawa oleh saya sebagai gubernur bersama dengan gubernur NTB," kata Viktor.

Victor berharap, tanah dan air yang diambil dari rahim Flobamorata (Singkatan nama nama pulau di NTT) untuk membangun IKN Nusantara, menjadi kekuatan dan kebanggaan Indonesia.

"Doakan kami agar tanah dan air dari rahim Flobamorata menuju Kalimantan Timur untuk membangun ibu kota negara baru kita Nusantara, menjadi kekuatan dan kebanggaan Indonesia," kata Viktor.


Dikumpulkan 7 bupati

Sebelumnya diberitakan, sebanyak tujuh bupati di Nusa Tenggara Timur (NTT) menyerahkan tanah dan air sebagai simbol dukungan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur.

Penyerahan air dan tanah dari tujuh bupati kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat itu diawali dengan ritual adat dari masing-masing daerah.

Air dan tanah itu akan dibawa ke Ibu Kota Negara Nusantara.

Kepala daerah yang menyerahkan tanah dan air itu di antaranya Bupati Beli Gregorius Taolin, Bupati Sumba Tengah Paulus K Limu, Bupati Flores Timur Antonius Hadjon, Bupati Rote Ndao Paulina Bulu Haning, Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke, Bupati Alor Amon Djobo, dan Bupati Lembata Thomas Langoday.

Sebagian bupati menyerahkan tanah, sedangkan sebagiannya lagi menyerahkan air kepada Viktor Laiskodat, di halaman Kantor Gubernur NTT, Jumat (11/3/2022).

"Air dan tanah ini akan disatukan dengan seluruh provinsi lain di Indonesia untuk pembangunan ibu kota baru Nusantara di Kalimantan Timur," ujar Viktor di Kupang, Jumat.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/13/173800278/gunakan-jet-pribadi-gubernur-ntt-dan-ntb-bawa-air-dan-tanah-ke-ikn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke