Salin Artikel

Hanyut Empat Hari di Grobogan, Kakak Adik Ditemukan Tewas di Sungai Demak

Danramil 15 Gubug Kapten Infanteri Eddy Hermanto mengatakan, kedua korban terbawa derasnya arus sungai hingga radius sekitar 20 kilometer.

Jasad kedua pelajar asal Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tersebut ditemukan terpisah berjarak sekitar 500 meter antara pukul 10.45-11.00 WIB.

Tim SAR gabungan yang sudah empat hari melakukan penyisiran dengan perahu karet selanjutnya mengevakuasi jasad korban.

"Jasad korban dibawa ke RSUD Ki Ageng Getas Pendowo Gubug untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan medis tidak ditemukan unsur penganiayaan, murni meninggal dunia akibat tenggelam," kata Eddy di RSUD Ki Ageng Getas Pendowo Gubug , Jumat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan Endang Sulistyaningsih mengatakan tim SAR gabungan yang diterjunkan menyusuri jalur air hingga darat. Selama proses pencarian petugas cukup terkendala dengan cuaca dan derasnya arus Sungai Tuntang.

"Kegiatan operasi SAR yang melibatkan 60 personel gabungan dari Grobogan dan Gunung Kidul pun resmi ditutup. Kami mohon kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan anak-anaknya," pungkas Endang.

Kepala Desa Kemiri Sukirman menyampaikan, dari keterangan beberapa orang saksi, kedua pelajar tersebut sebelumnya pada Selasa (8/3/2022) sekitar pukul 10.00 diketahui bermain di pinggir Sungai Tuntang dengan beberapa orang temannya.

Namun nahas, beberapa saat kemudian kedua korban terpeleset hingga terbawa derasnya arus Sungai Tuntang.

"Saksi mata yang melihat tidak berani menolong akibat arus sungai deras. Insiden itu kemudian dilaporkan kepada warga yang diteruskan ke Pemdes dan kepolisian," kata Sukirman saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Selasa.

Menurut Sukirman, kedua korban tercatat berdomisili di Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kedua korban dilaporkan datang ke Desa Kemiri bersama orangtuanya untuk menjenguk neneknya yang sakit. Kedua korban direncanakan akan dipindahkan sekolah ke Kecamatan Gubug.

"Orangtua kedua korban sudah lama pindah dari Desa Kemiri," kata Sukirman.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/11/154321978/hanyut-empat-hari-di-grobogan-kakak-adik-ditemukan-tewas-di-sungai-demak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke