Salin Artikel

Hadiri Dies Natalis UNS, Jokowi Ingatkan Pentingnya Ikut Perkembangan Zaman

Sidang terbuka senat akademik ini berlangsung di Gedung Tower Ki Hadjar Dewantara Kompleks Kampus UNS Jalan Ir Sutami Solo, Jawa Tengah.

Jokowi tiba di Gedung Tower Ki Hadjar Dewantara sekitar pukul 09.30 WIB.

Turut dalam rombongan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia dan rombongan para menteri disambut Rektor UNS Jamal Wiwoho dan jajaran.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, dan pejabat lainnya juga turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan UNS sebagai lembaga pendidikan harus mengikuti perkembangan dengan cepat. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) harus berubah dengan cepat.

"Hati-hati saya ingin mengingatkan kepada UNS. UNS sekarang ini sudah menjadi kapal besar. Kapal besar kalau merubah harus pelan-pelan. Padahal yang dibutuhkan adalah kecepatan. Kalau masih kecil belok langsung gampang banget," kata Jokowi di UNS Solo, Jumat.

Menurut Jokowi sebagai lembaga pendidikan yang besar dengan memiliki puluhan ribu mahasiswa harus bisa dengan cepat mengikuti perkembangan zaman.

"Mahasiswa sekarang 40.000 ini sudah kapal induk. Kapal besar ini hati-hati. Bisa tidak lincah, tapi juga bisa lincah tergantung nakhodanya. Karena seluruh lembaga tinggi termasuk universitas harus lincah, harus cepat mengikuti perubahan-perubahan yang ada, harus update," terang dia.


"Sekali lagi ilmu pengetahuan berkembang cepat, harus diikuti program yang dinamis dan risetnya harus berubah sesuai tantangan zaman," sambung dia.

Jokowi menyampaikan persiapan menghadapi bonus demografi 2030-2035 hanya tinggal dua tahun. Kualitas SDM harus dipersiapkan dengan cepat.

"Kita hanya punya waktu urusan SDM untuk mengejar itu hanya dua tahun. Kita berani tidak dalam dua tahun ini. Kalau tidak berani berubah nanti di dalam bonus demografi 2030-2035 habis kita kalau tidak cepat berubah," terang dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meresmikan gedung baru UNS Tower Ki Hadjar Dewantara dan gedung baru UNS di Kabupaten Madiun.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/11/133151178/hadiri-dies-natalis-uns-jokowi-ingatkan-pentingnya-ikut-perkembangan-zaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke